Review Turkish Delight & Baklava Hafiz Mustafa, Oleh-Oleh Khas Turki

 

Bulan lalu aku berkesempatan nyoba oleh-oleh khas Turki, turkish delight dan baklava. Turkish delight adalam camilan khas Turki yang terbuat dari gula dan gel pati dengan isian kacang-kacangan. Kalau di Indonesia mirip dodol tapi teksturnya lebih legit. 

Nah, kalau baklava ini adalah makanan penutup yang terbuat dari kulit pastry, kacang-kacangan dengan rasa yang manis. Bagian dalamnya legit tapi luarnya renyah dari kulit pastrynya.

Turkish delight dan baklava yang aku coba dari merk terkenal Hafiz Mustafa. Di Indonesia sendiri udah banyak yang jastip makanan khas Turki ini.

Untuk turkish delightnya aku sendiri suka. Rasanya manis tapi ga kemanisan, manisnya light. Teksturnya mirip dodol tapi lebih legit lagi. Pas digigit ga cuma dapet tekstur legit, tapi ada tekstur renyah yang didapet dari kacng-kacangan seperti pistachio dan kacang-kacangan lain. Ada banyak rasa juga yang bisa dicoba. Ini enak sih menurut aku.

Untuk baklava, awalnya dari wanginya bikin ngiler karena wangi pastry yang kamu pasti tau dong aroma kulit pastry yang dipanggang sewangi apa. Setelah aku coba, jujur ga terlalu suka tapi masih bisa aku makan. Alasannya? Kemanisan. Untuk aku yang suka manis, baklava ini terlalu manis. Mungkin karena isiannya udan manis tapi diolesi lagi dengan sejenis sirup gula di bagian luarnya, dan lumayan banyak sirup gulanya. Bagian dalam kulit pastry nya ada kacang-kacangan juga.

Tapi balik lagi, review ini berdasarkan selera aku. Mungkin temen-temen yang udah pernah coba makanan-makanan diatas dan punya review beda bisa tulis di kolom komentar ya.


Komentar