Jajan di PKB + Review Jujur

Setiap tahun di bulan Juli, Pesta Kesenian Bali biasanya diselenggarakan di Denpasar, Bali. Pementasan pertunjukan kesenian khas Bali dari berbagai kabupaten yang ada di Bali bisa kita tonton di pagelaran PKB ini.

Selain pementasan seni, ada pameran dan yang paling menarik buat aku adalah kulinerannya.

Akhirnya kemarin aku bareng temenku sempetin mampir ke PKB setelah beres kuliah. Kita kulineran dan nonton pementasan seni. Jadwal di hari itu (30/06) adalah Gong Kebyar Wanita dari Klungkung. Karena pentasnya sore jadi kita keliling dulu buat kulineran.

Karena udah lama ga bikin konten kulineran di Instagram + IG kulineran aku udah aku hapus, aku mutusin post disini keseruan kulineran aku di PKB + ada cerita menarik juga.

Di PKB ada stand kuliner mulai dari jajanan, kuliner khas Bali sampai minuman.

Yang pertama kali aku beli, fish cake yang dikuahin gini. Dagangnya bilang tteokbokki/topokki. Setauku, tteokbokki kan rice cake pake bumbu gochujang (tteok = kue beras, maaf kalo salah nulisnya), tapi ini ga ada rice cake nya, ga ada bumbu gochujangnya. Jadi tidak memenuhi syaray disebut tteokbokki hehe.. Harga satu porsi Rp. 20.000, rasanya ga ada yang spesial tapi bukan ga enak juga. Lebih ke biasa aja, kuahnya itu kayanya dari saus yang ditambahin air dan bawang-bawangan. Jadi ini biasa aja dan agak kemahalan untuk fish cake ala-ala yang dikuahin pake saos sambel. Tapi ga heran kalo mahal karena ini di PKB + dagangnya harus bayar sewa stand kulinernya.


Selanjutnya, aku beli ice cream cone rasa vanilla. Harganya Rp. 10.000 dan emang agak lebih besar dari ice cream cone yang biasa aku beli 5.000-an. Rasanya, kaya ice cream cone pada umumnya, ga ada yang spesial.

Buat makan malem, aku cobain bakso di stand kuliner PKB. Aku makan mungkin jam 8 atau 9 malem, dan emang rame banget yang makan disana. Satu porsi harganya Rp. 20.000, agak mahal untuk satu porsi bakso ayam biasa, porsinya juga biasa. Rasanya juga biasa aja, kuahnya agak asin malah :) Tapi balik lagi, karena ini PKB jadi harga makanan kayanya emang 2x lipat dari harga biasa. 

Nah, aku ada cerita sedikit tentang kuliner di PKB ini. Ada temenku dan temen-temennya yang lain udah lebih dulu dari aku main ke PKB dan pastinya mereka kulineran juga. Dan beli lah mereka baby crab yang disaosin gitu, jadi ada bumbu basahnya. Akhirnya, mereka semua kena diare berhari-hari.

Selain itu, pas aku antre jalan ke stand kuliner karena pas malem rame banget yang datang + jalan ke stand kuliner itu becek banget habis hujan, aku denger orang-orang di belakang bilang jangan beli snack yang ada hidrogennya itu. Yang pas dimakan keluar asap, pasti tau kan? Orang-orang di belakangku bilang jangan beli karena ada temennya yang sakit perut setelah makan itu :(

Pendapatku mungkin karena para pedagang ini menjajakan dagangan mereka di tempat terbuka dan sebagian besar pedagang cuma jejerin dagangan di atas meja, ga dikasi penutup dan banyak banget lalat yang hinggap bisa jadi itu bikin sakit perut. Untuk jajanan seafood juga, banyak yang aku lewatin baunya amis banget dan dikerubutin lalat. 

Apalagi untuk hidangan seafood kalo salah ngolahnya juga bisa bahaya, entah pas proses masaknya kurang bersih atau emang dihinggapin lalat pas dijajakan ke pembeli.

Mungkin kalo kamu mau kulineran juga, pastiin tempat kamu beli makanan bersih ya!


Komentar

  1. Selain itu kadang juga ambil bahan makanya juga asal asalan. Biasanya pedagang ambil bahan yg murah dan enggk peduli dengan kualitasnya.

    BalasHapus
  2. Aku juga sempet dateng ke pkb untuk berburu kulinernya alhamdulilah ak baik” saja

    BalasHapus

Posting Komentar