4 Delicious Ways to Eat Kimchi

 

Annyeong! Udah cukup lama aku ga update postingan di blog,hari ini di awal bulan Maret yang berlimpah berkat dari Tuhan aku mau sharing sesuatu yang ringan untuk kita bahas. Jadi hari ini kita bahas tentang makanan,yaitu Kimchi. Pecinta Korea baik drakor ataupun KPOP pasti ga asing sama makanan yang satu ini. Kimchi merupakan makanan berupa sayuran yang difermentasi menggunakan pasta cabai Korea. Rasanya asem pedas karena ada campuran gochugaru nya (bubuk cabai Korea). Kimchi bisa kalian beli di supermarket besar Indonesia ataupun beli secara online di marketplace seperti Shopee atau Tokopedia. Di Instagram juga lumayan banyak yang jual homemade kimchi dengan taste Indonesia. Kalau mau lebih puas makannya,kalian bisa bikin sendiri mengingat harga kimchi di pasaran lumayan mahal. 

Lalu,yang kita bahas kali ini tentang apa? Oke,yang bakal aku share adalah beberapa cara menikmati kimchi ala aku. Biasanya di Korea kimchi ini dijadikan makanan pendamping dari hidangan utama. Dibawah ini adalah beberapa cara aku menikmati kimchi.

Kimchi Bokkeumbap (Nasi Goreng Kimchi)
Nasi goreng kimchi ini makanan yang simple dibuat tapi bikin kenyang. Yang punya stok kimchi di rumah wajib banget coba bikin nasi goreng kimchi ini. Kalian yang berminat coba bikin,aku kasi resepnya ya.

Bahan :
1 piring nasi 
2-3 sdm kimchi (sesuai selera)
1 sdt gochujang
1 sdm bawang bombai cincang
1 siung bawang putih,cincang
1 sdm minyak wijen
Kecap manis dan kecap asin secukupnya
1/2 sdm saus tiram
Cabai bubuk secukupnya
Lada dan garam secukupnya
Minyak goreng/margarin

Tambahan (optional) :
Daun bawang
Wijen

Cara membuat :
1. Panaskan minyak goreng,kemudian tumis bawang bombai dan bawang putih
2. Masukkan kimchi beserta dengan sedikit jus nya,tumis sebentar
3. Masukkan nasi,aduk rata dengan kimchi
4. Masukkan minyak wijen dan bumbu-bumbu lainnya,aduk hingga nasi,kimchi dan bumbu tercampur rata
5. Koreksi rasa,kalau sudah dirasa pas nasi goreng kimchi siap disajikan.
Tambahkan daun bawang yang sudah diiris dan wijen.

Kalian bisa tambahin sayuran atau daging kalau mau kedalam nasi goreng nya. Karena aku lagi pengen pake kimchi aja jadi aku ga tambahin bahan lain lagi.

Kimchi Jjigae
Kimchi Jjigae adalah sup kimchi Korea yang sering banget muncul di drakor-drakor. Aku bikin Kimchi Jjigae ini dengan bahan seadanya di rumah karena lagi hujan jadi aku belum sempat beli bahan. Yang penasaran pengen bikin bisa coba resep yang aku kasi dibawah ini.

Bahan :
3-4 sdm kimchi
1 gelas air
1 siung bawang putih
1 sdm minyak wijen
1 sdm kecap asin
1 buah kentang (sayuran bebas aja)
Garam secukupnya

Tambahan : 
Daun bawang

Cara membuat :
1. Tumis bawang putih dengan minyak wijen sebentar kemudian masukkan air
2. Masukkan potongan sayuran dan tunggu hingga air mendidih
3. Masukkan kimchi beserta jus nya kemudian tambahkan dengan bumbu-bumbu lain
4. Setelah sayuran matang,sajikan dengan irisan daun bawang.

Kimchi & Nasi
Cara aku makan kimchi selanjutnya adalah dengan menambahkan nasi. Hal yang simple tapi ini beneran enak banget. Aku sendiri makan nasi putih pake kimchi bisa nambah 2 sampai 3 kali dalam satu kali makan. Apalagi kalau ditambah irisan daun bawang,rasanya bakal makin enak. Kalian bisa buktiin sendiri deh enaknya makan nasi pake kimchi aja.

Kimchi & Mie Instan
Cara terakhir yaitu dengan menyantap kimchi sebagai tambahan dari ramen atau mie instan Indonesia biasa. Setelah aku coba makan mie instan goreng (aku pakai merk Indomie) ditambah kimchi,rasanya beneran nagih banget karena cocok di lidah aku. Kalian juga bisa coba nih cara enak makan kimchi ala aku,dimakan bareng mie instan atau ramen Korea yang udah banyak dijual di toko-toko. Dimakan pake Indomie aja juga udah enak banget.




Komentar