Simbol-Simbol Penting Dalam Kepercayaan Mesir dan Artinya - Mitologi Mesir

Mesir merupakan negara yang banyak memiliki keunikan tersendiri mulai dari mitologinya hingga simbol-simbol dalam kepercayaan Mesir. Khusus hari ini kita akan bahas mengenai simbol-simbol yang ada dalam kepercayaan mesir dan maknanya. Langsung aja dibawah ini udah aku jelasin simbol-simbol tersebut.

Eye of Ra
Egyptian Hand-Made Papyrus Painting - Eye of Horus - Buy Online in  Dominica. | adel ghabour Products in Dominica - See Prices, Reviews and  Free Delivery over EX$200 | Desertcart
Ada mitos yang mengtakan bahwa Ra sudah tua dan sangat lemah dan karena dia rentan, rakyatnya mulai mengabaikan hukum dan instruksinya. Dia mengirim putrinya, mata singa Ra,untuk menghukum rakyatnya. Mata itu marah dan menghancurkan umat manusia. Para dewa takut mata itu akan membunuh semua manusia. Ra menggunakan bir merah untuk membuat matanya mabuk dan pingsan. Kemudian matanya kembali tenang dan kembali ke Ra. Eye of Ra melambangkan matahari dalam kepercayaan orang-orang mesir dan juga merupakan simbol otoritas kerajaan. Eye of Ra yang dilukis di atas jimat dipercaya memiliki kekuatan pelindung bagi firaun Mesir.

Eye of Horus
Eye of Horus - Complete Guide on the Meaning Behind the Symbol
Dalam cerita mitologi dikatakan Eye of Horus rusak dan kemudian disembuhkan, mencerminkan fase Bulan yang semakin lama semakin memudar. Eye of Horus digambarkan dengan gabungan antara mata manusia dan mata elang. Eye of Horus memiliki kekuatan penyembuhan dan perlindungan sehingga digunakan sebagai perlindungan terhadap penyakit dan untuk orang mati untuk mencegah disintegrasi tubuh yang dibalsem.

Ankh
ankh-key-of-life | Egyptian art, Egyptian artifacts, Egyptian symbols
Ankh merupakan salah satu simbol paling populer dari mesir kuno yang melambangkan penyatuan lelaki dan perempuan,kelahiran kembali,kunci kehidupan,nafas kehidupan,kekuatan hidup dan kehidupan abadi. Ankh juga dikaitkan dengan kehidupan setelah kematian. Orang mati kadang-kadang disebut sebagai "ankhu." Pada era modern saat ini,Ankh digunakan sebagai tanda dalam banyak ritual mistik modern, misalnya di Wicca.

Bulu Ma'at
Maat - Wikipedia
Ma'at mewakili keadilan dalam budaya Mesir. Dalam kepercayaan mesir,hati seseorang yang telah meninggal akan ditimbang dengan Bulu Maat di Hall of Two Truths ketika jiwa seseorang memasuki Duat. Jika hatinya ditemukan sama atau lebih ringan dari ini, itu berarti dia adalah orang yang berbudi luhur dan dia akan pergi ke Aaru (surga yang diperintah oleh Osiris). Jika tidak, maka hatinya akan dimakan oleh Ammit, dewi yang memakan jiwa dan dia akan dikutuk untuk tetap tinggal di Dunia Bawah selamanya.

Teratai
Meaning of The Lotus Flower in Ancient Egypt | Egyptian art, Lotus flower  meaning, Ancient egypt
Dalam kepercayaan mesir kuno,teratai melambangkan kelahiran kembali dan juga sebagai simbol penyatuan dua kerajaan Mesir. Di mesir,teratai digunakan untuk parfum. Cara membuatnya adalah dengan merendam teratai dengan keadaan terbalik menggunakan bahan berlemak hingga mencapai keharuman yang diinginkan. Selain itu teratai juga digunakan untuk menyembuhkan infeksi.

Matahari Bersayap
Winged Sun Disk and Its Connection With the Old World | Archaic Knowledge
Simbol ini digunakan sebagai amulet untuk memberikan perlindungan kepada orang Mesir yang memakainya. Matahari bersayap juga dikenal dengan Behdety karena digunakan untuk menggambarkan dewa Behdeti yang merupakan dewa matahari tengah hari. 

Ajet
Mythology - Egyptian Mythology
Ajet melambangkan kelahiran dan pengaturan sehari-hari serta melambangkan matahari yang terbit dan terbenam. Lingkaran di tengah melambangkan Matahari dan bentuk yang ditemukan di dasarnya akan menjadi simbol Djew atau pegunungan. Ajet digambarkan dijaga oleh dewa Aker, dewa dunia bawah, terdiri dari dua singa yang membelakanginya, singa-singa ini melambangkan hari kemarin dan hari ini, dan cakrawala timur dan barat dunia bawah Mesir . Simbol Ajet juga dikaitkan dengan konsep penciptaan dan kelahiran kembali.

Mahkota Deshret
Relief art Egypt | Ancient egyptian art, Egyptian art, Ancient egypt
Deshret juga dikenal sebagai mahkota merah Mesir melambangkan Mesir Hilir, tanah dewi Wadjet. Itu juga digunakan sebagai simbol Kemet, tanah subur di wilayah Seth.

Mahkota Hedjet
Crowns of Egypt - Wikiwand
Hedjet juga dikenal sebagai mahkota putih melambangkan Mesir Hulu. Hedjet digabungkan dengan Deshret melambangkan penyatuan dua kerajaan.

Mahkota Pschent
EGYPT: THE GIFT OF THE NILE Ancient Egyptian Civilization c B.C. - ppt  download
Pschent adalah mahkota ganda yang terdiri dari Deshret (mahkota merah Mesir) dan Hedjet (mahkota putih Mesir) dimana mahkota merah mewakili Mesir Hilir dan mahkota putih mewakili Mesir Hulu. Makhota Pschent melambangkan bersatunya Mesir Hulu dan Mesir Hilir dibawah kekuasaan Firaun.

Simbol-simbol diatas adalah beberapa simbol yang ada dalam kepercayaan Mesir,masih banyak simbol-simbol lain tapi kita bahas lain kali ya. Thank you for reading.

Komentar