Makhluk-Makhluk dalam Mitologi Yunani Part 5

Pembahasan kita tentang makhluk mitologi Yunani udah sampai di Part 5 atau part terakhir. Kalian yang baru mampir di blog aku pertama aku ucapkan terimakasih dan sebelum postingan ini aku udah bahas beberapa makhluk mitologi Yunani. Kalian yang belum baca silahkan baca dulu ya Makhluk Mitologi Yunani Part 1 ; Makhluk Mitologi Yunani Part 2 ; Makhluk Mitologi Yunani Part 3 ; Makhluk Mitologi Yunani Part 4.
Langsung aja dibawah ini adalah makhluk-makhluk dalam mitologi Yunani.


Hekantonkhire
Hekantonkhire merupakan raksasa bertangan seratus dan berkepala lima puluh dengan berbagai ekspresi yang berbeda. Makhluk ini adalah anak dari Gaia dan Uranus yang berjumlah tiga raksasa yaitu Briares,Cottus,Gyges. Uranus yang merupakan ayah mereka membuang mereka ke Tartarus karena memiliki wujud mengerikan namun akhirnya mereka dibebaskan oleh Kronos. Setelah mereka dibebaskan,mereka dibuang lagi namun kembali dibebaskan oleh Zeus.

Okeanid
Okeanid merupakan anak dari Okeanos dan Tethis yang berjumlah tiga ribu anak perempuan. Setiap Okeanis memiliki tugas yang berbeda-beda. Tugas-tugas mereka antara lain menjaga bunga,sungai,danau,mata air hingga awan. Amfitrit merupakan salah satu Okeanid yang terkenal. Ia adalah istri dari dewa Poseidon.

Python
Python merupakan makhuk berbentuk naga/ular anak dari Gaia. Makhluk ini tinggal di gua yang letaknya diatas Gunung Parnassus. Gunung Parnassus sendiri terletak di dekat pusaran bumi dimana di tempat itu terdapat batu kenabian. Python inilah yang bertugas menjaga batu kenabian tersebut. Oracle Delpji didirikan di tempat ini dan Python menjaga batu oracle.

Phoenix
Phoenix merupakan makhluk berwujud burung dengan warna bulu keemasan hingga merah. Phoenix memiliki umur yang anjang yaitu sampai 1461 tahun. Ketika Phoenix sudah mencapai umur tersebut ia akan membakar dirinya dan muncullah Phoenix muda. Begitu cara mereka beregenerasi. Phoenix menyimbolkan keabadian dan siklus hidup setelah mati.

Rubah Teumessos
Rubah Teumessos merupakan rubah yang dikirim oleh para dewa dengan tujuan untuk menyerang kota Thebes karena banyak kejahata yang terjadi disana. Rubah ini tidak pernah bisa ditangkap,hal ini sudah ditakdirkan oleh para dewa. Amfitrion diperintahkan oleh Raja Thebes untuk menangkap rubah ini. Hal ini mustahil dilakukan namun Amfitrion memiliki ide. Ia menggunakan Lailaps yang merupakan seekor anjing yang ditakdirkan tidak pernah gagal dalam menangkap buruannya. Lailaps merupakan anjing milik Kefalos yang dipinjam oleh Amfitrion. Kemudian Lailaps yang ditakdirkan tidak pernah gagal dalam menangkap buruannya dan Rubah Teumessos yang ditakdirkan tidak pernah bisa tertagkap menimbulkan suatu paradoks. Zeus turun tangan dengan mengubah mereka menjadi batu dan rasi bintang.


Putri Duyung
Putri duyung merupakan makhluk berwujud setengah wanita setengah ikan. Dalam cerita Yunani,Thessalonike berubah menjadi putri duyung setelah kematiannya, dan tinggal di Laut Aegean. Jika ada pelaut yang melintas ketika melaut maka Thessalonike akan bertanya kepada si pelaut "apakah Raja Alexander Hidup?" dan pelaut harus menjawab "dia hidup dan memerintah,dan menaklukkan dunia." Jika menjawab dengan jawaban selain itu akan membuat Thessalonike marah dan menciptakan badai. Thessalonike sendiri adalah adik dari Alexander Agung. 

Polifemos
10+ Best 18th (&17th) century Sculptors images in 2020 | sculpture,  sculptor, sculptures
Polifemos adalah anak daro Poseidon dan Thoosa. Ia merupakan salah satu dari Kiklops yang tinggal di gua. Gua itu terletak di sebuah pulau. Polifemos merupakan makhluk yang kuat tapi bodoh. Ia tinggal bersama domba-dombanya. 

Singa Nemea 
Mitologi Yunani/12 Tugas Herakles/Tugas Pertama - Wikibuku bahasa Indonesia
Singa nemea merupakan anak dari Ekhidna danTifon yang hidup di gua Nemea. Ia memiliki kelebihan yaitu kebal terhadap senjata. Membunuh singa nemea merupakan salah satu tugas Herakles. Karena singa nemea kebal oleh senjata maka Erakles membunuh singa ini dengan cara mencekiknya kemudian ia menjadikan kulit singa ini sebagai jubah.

Silenos
Silenos (Mitos & Cerita Rakyat) - Mimir Kamus
Silenos merupakan teman dari Dionisos,dewa anggur. Ia merupakan teman minum bir atau anggur,digambaran berkepala botak dan memiliki perut yang buncit.

Spartoi
Gigi naga (mitologi) - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Spartoi merupakan prajurit yang muncul dari gigi naga yang ditaburkan keatas tanah. Spartoi terdiri dari banyak prajurit dengan senjata lengkap. Cara membunuh mereka adalah dengan melemparkan batu ke tengah-tengah mereka. Ketika batu dilempar para Spartoi akan saling bertarung memperebutkan batu yang dilempar tersebut. Cara ini digunakan oleh Kadmos atas perintah Athena. Karena bertarung memperebutkan batu mereka tewas dan hanya menyisakan lima Spartoi.

Xanthos dan Balios
Mitologi Yunani/Makhluk Mitologi/Xanthos dan Balios - Wikibuku bahasa  Indonesia
Xanthos dan Balios merupakan anak dari Zefiros dan Podarge. Mereka berwujud sepasang kuda,milik Akhilles. Xanthos dan Balios memiliki kemampuan berbahasa manusia. Kemampuan ini diberikan oleh Dewi Hera.

Tifon
堤豐- 維基百科,自由的百科全書
Tifon merupakan monster yang memiliki wujud setengah pria dan setengah naga. Ia memiliki kekuatan dapat menyemburkan api. Tifon sendiri merupakan anak dari Gaia. Ehidna merupakan istri dari Tifon. Anak-anak mereka memiliki wujud yang mengerikan,berwujud berbagai monster yang kuat dan berbahaya. 

Talos
Hiperbolapedia: Talos - Raksasa dari Perunggu
Talos merupakan raksasa dari perunggu yang bertugas melindungi Europa dari gangguan bajak laut. Talos merupakan hadiah dari Heafistos untuk Minos. Talos mati karena kehabisan darah sebab ia mencabut paku yang menutup pembuluh darahnya sendiri. Hal ini bisa terjadi karena Medeia memeritahkan Ker membuat Talos menjadi gila dan mencabut paku itu.

Steno
Legenda Dan Mitos: Gorgon (Medusa, Stheno dan Euriale)
Steno merupakan salah satu dari tiga Gorgon. Gorgon lainnya adalah Euryale dan Medusa. Mereka berwujud setengah wanita setengah ular dengan kepala dipenuhi ular berbisa dan memiliki kemampuan mengubah apapun yang ditatapnya menjadi batu. Steno sendiri merupakan saudara tertua dari Gorgon dengan kata lain kakak dari Euryale dan Medusa. Steno adalah Gorgon yang membocorkan rahasia kekuatan darah Gorgon sehingga ia dikenal sebagai Gorgon yang paling naif walaupun ia merupakan Gorgon terganas.

Oke guys part 5 ini pembahasan terakhir kita tentang makhluk mitologi Yunani. Next kita bahas makhluk mitologi dari negara lain ya. Kalian yang suka baca tentang mitologi cek terus postingan aku. Thank you udah mampir,semoga postingan ini bermanfaat.

Komentar