DUA BELAS (12) TUGAS HERAKLES - MITOLOGI YUNANI


Welcome back to my blog! Kaian yang sering baca postingan aku pasti udah tau kalau aku sering bahas makhluk mitologi. Kai ini aku bahas mitologi Yunani yaitu tugas-tugas Herakles.
Dua belas tugas herakles ini merupakan tugas-tugas pengampunan dosa yang telah dilakukan oleh herakles. Tugas-tugas ini awalnya bersumber dari oracle Delphi yang menyuruh Herakles mengabdi pada Euristheus dan Mikenai. Merekalah yang memberi perintah pada Herakles untuk melakukan tugas-tugas itu. Awlnya tugas yang diberikan berjumlah sepuluh namun seiring berjalannya waktu menjadi 12 karena beberapa hal.
Kenapa Herakles melakukan pengampunan dosa? Diceritakan bahwa Herakles yang memimpin pasukan Thebes berhasil mengalahkan pasukan Minyad lalu membunuh Raja Orkhoenos. Dengan berhasil dikalahkannya pasukan tersebut secara otomatis Thebes terbebas dari ancaman perbudakan. Sebagai  hadiah,Raja Thebes menikahkan Herakles dengan Megara yang meerupakan putrinya. Dari pernikahan tersebut mereka dikaruniai 3 orang anak. Tidak berselang lama,sesuatu yang buruk terjadi pada keluarga mereka. Hera mengutuk Herakles menjadi gila,kemudian Herakles membunuh semua anak-anaknya. Athena kemudian menyadarkan Herakles dengan batu kewarasan. Ketika Herakles sadar inilah dia merasa menyesal kemudian pergi ke oracle delphi. 

Tugas-tugas Herakles dalam menebus dosa antara lain : 

Membunuh Singa Nemea

Mitologi Yunani/12 Tugas Herakles/Tugas Pertama - Wikibuku bahasa Indonesia

Singa Nemea merupakan anak dari Orthos dan Ekhidna yang memiliki kekebalan terhadap senjata. Karena singa itu tidak dapat dilukai dengan senjata,Herakles menggunakan tangan kosong untuk melawan singa nemea yang tinggal di gua nemea itu dan membunuhnya dengan cara mencekik lehernya. Setelah singa nemea mati,singa itu dikuliti dan kulit singa yang kebal terhadap senjata itu ia jadikan jubahnya. 


Membunuh Hydra 

Mitologi Yunani/12 Tugas Herakles/Tugas Kedua - Wikibuku bahasa Indonesia

Hydra erupakan makhluk seperti naga dengan kepala yang berjumlah sembilan. Jika kepala dari Hydra ini dipotong maka akan tumbuh kepala baru,dan salah satu dari sembilan kepalanya merupakan kepala abadi. Herakles pergi ke mata air di Lerna untuk membunuh Hydra. Namun ia harus menghadapi kepiting raksasa kiriman Hera. Herakles berhasil membunuh kepiting itu dan menjadikannya rasi bintang cancer di langit. Selanjutnya Herakles bertarung melawan Hydra dibantu oleh Lolaos. Cara yang mereka gunakan adalah,Herakles memotong kepala Hydra lalu Lolaos membakar leher Hydra sehingga tidak bisa tumbuh kepala baru. Dan leher aadi Hydra ditimpa dengan batu raksasa oleh Herakles sehingga darah Hydra yang sangat beracun dan berbahaya mengalir. Herakles kemudian mencelupkan anak panah miliknya kedalam darah Hydra sehingga anak panah yang ia miliki mengandung racun yang mematikan. Euristheus yang memberikan tugas ini pada Herakles tidak menganggap Herakles berhasil menyelesaikan tugas ini karena Herakles dibantu oleh Lolaos. Untuk itu ia diberikan tugas tambahan dan hingga saat ini jumlah tugas Herakles adalah 11.


Menangkap Rusa Kerineia

Mitologi Yunani/12 Tugas Herakles/Tugas Ketiga - Wikibuku bahasa Indonesia

Rusa Kerineia merupakan rusa yang memiliki kuku peunggu serta tanduk emas milik Artemis yang memiliki kemampuan berlari dengan sangat cepat. Herakles menangkap rusa itu dengan cara memanah kukunya agar rusa itu tidak terbunuh. Karena kemampuan berlari yang dimiliki rusa  ini sangat cepat,memerlukan waktu 10 tahun bagi Herakles untuk berhasil menangkap rusa ini. Ditangkapnya rusa Kerineia membuat Artemis marah,namun setelah dijelaskan alasan ia menangkap rusa itu dan memastika rusa tidak terluka Artemis mengizinkan Herakles membawa Rusa Kerineia ke Tyrins setelah mengejar rusa hingga ke daratan Hyperboreia. Seperjalanan ia sebelum rusa berhasil di tangkap,ia membawa Herakles membawa pulang beberapa pohon zaitun yang indah dari sana dan menanamnya di Olympia.


Menangkap Babi Erimanthos

Mitologi Yunani/Makhluk Mitologi/Babi Erimanthos - Wikibuku bahasa Indonesia

Babi Erimanthos merupakan babi yang sangat besar dan kuat,Herakles bertugas menangkap babi ini. Ketika berhasil menangkap babi Erimanthos tanpa membunuhnya,Herakles kemudian memawanya kepada Euristheus yang membuat Euristheus ketakutan dan bersembunyi dalam gentong perunggu. Babi itu kemudian dibebaskan.


Membersihkan Kandang Kuda Milik Raja Augeus Dalam Waktu Satu Hari

Tugas-tugas Herakles - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Euristheus marah kepada Hrakles karena ia bertualang dengan para Argonaut untuk mencari Bulu Domba Emas. Kemudian Euristheus memutuskan untuk memberikan tugas yang memalukan untuk Herakles yaitu membersihkan kandang kuda milik Augeus dalam waktu satu hari. Herakles kemudian mendatangi Raja tersebut untuk membersihkan kandang kudanya dan meminta imbalan sebanyak sepersepuluh bagian dari hewan ternaknya. Raja menyetujui karena menganggap tidak mungkin Herakles dapat menyelesaikan tugas itu. Kandang kuda milik Raja Augeus berukuran besar dengan banyak istal sehingga hampir tidak mungkin membersihkannya dalam sehari. Herakles mendapat ide membersihkan kandang denga cara mengalirkan air dari sungai Alfeus dan Peneisos ke kandang dan berhasil membersihkan kandang dalam sehari. Herakles kemudian menagih upah namun raja menolak memberikannya karena mengetahui Herakles membersihkan kandang kudanya karena ditugaskan oleh Euristheus.Anak dari raja yang mengetahui hal ini meminta agar ayahnya menepati janji namun itu justru membuatnya diusir. Herakles kembali namun Euristheus menganggap Herakles gagal menjalankan tugas karena ia meminta imbalan. Kemudian ia diberi satu tugas tambahan,dengan ini total tugas Herakles adalah 12.


Mengusir Burung-Burung Stymphalia

Mitologi Yunani/12 Tugas Herakles/Tugas Keenam - Wikibuku bahasa Indonesia

Burung Stymphalia merupakan burung yang tinggal di sekitar danau Stymphalia,jumlah mereka sangatlah banyak yang membuat Herakles kesulitan menghadapi burung-burung itu. Ditengah kesulitan,dewi Athena datang untuk membantu Herakles dengan cara memberikan lonceng perunggu. Lonceng perunggu ini dapa menakut-nakuti burung-burung Stymphalia dan membuat mereka terbang melarikan diri dan sebagian berhasil dibunuh oleh Herakles.


Menangkap Banteng Kreta

Mitologi Yunani/12 Tugas Herakles/Tugas Ketujuh - Wikibuku bahasa Indonesia

Banteng Kreta merupakan Banteng putih milik Poseidon yang mampu berlari diatas air. Poseidon memberikan banteng ini kepada Raja Kreta yaitu Minos. Minos pernah meminta banteng kepada Poseidon dan berjanji akan mempersembahkan banteng tersbebut kepada Poseidon,namun Minos melanggar janjinya yang membuat Poseidon murka. Ia kemudian membuat istri Raja Kreta yang bernama Pasifae hingga bersetubuh dengan banteng Kreta dan lahirlah makhluk setengah manusia setengah banteng bernama Minotaur. Raja Kreta yang merasa malu akan hal itu memperbolehkan Herakles mengambil banteng Kreta. Herakles membawa banteng itu ke hadapan Euristheus. Eusritheus memerintahkan Herakles melepaskan banteng itu lari ke daerah Attika tepatnya di Marathon dan membuat kekacauan. Dari sanalah muncul nama Banteng Marathon yang masih terkenal hingga saat ini.


Menangkap Kuda-Kuda Betina Milik Diomedes

Mitologi Yunani/12 Tugas Herakles/Tugas Kedelapan - Wikibuku bahasa  Indonesia

Kuda-kuda betina milik Raja Bistones yang bernama Diomedes suka memakan manusia. Herakles datang menangkap kuda-kuda itu dan melemparkan Diomedes ke kuda-kudanya sendiri sehingga ia tewas dimakan oleh kuda-kudanya. 


Mengambil Sabuk Hippolyta

Heracles memiliki 12

Euristheus menugaskan Herakles untuk mengambi sabuk milik Ratu suku Amazon,Hippolite. Sabuk itu merupakan lambang kepemimpinan,dulunya merupakan sabuk Dewa Ares. Herakles kemudian pergi ke tempat suku Amazon yang rakyatnya terdiri dari wanita-wanita yang ahli dalam bertarung. Sesampainya disana Herakles disambut baik namun Hera muncul menyamar menjadi wanita suku Amazon dan menyebarkan rumor yang mengatakan Herakles akan menculik ratu Hippolite. Hal ini membuat penduduk suku Amazon marah dan menyerang Herakles. Herakles mengira ia dijebak oleh Hippolite kemudian ia membunuh Hippolite dan mengambil sabuknya.


Mengambil Ternak Gerion

Mitologi Yunani/12 Tugas Herakles/Tugas Kesepuluh - Wikibuku bahasa  Indonesia

Ternak Gerion ini merupakan dijaga oleh Erytheia dan Orthos yaitu anjing berkepala dua. Gerion sendiri merupakan raksasa dengan tiga kepala,tiga pasang tangan dan kaki.  Herakles membunuh Erytheia dan Orthos di puncak gunung Abas menggunakan gada. Setelah mereka tewas,Herakles mengambil ternak milik Gerion. Hades melaporkan hal ini kepada Gerion yang membuat Gerion murka dan mengejar Herakles. Gerion terbunuh oleh panah beracun milik Herakles. Di perjalanan pulang,putra Poseidon ingin merampas ternak Gerion yang sudah diambil oleh Herakles. Herakles tentu saja tidak membiarkan hal itu terjadi,Herakles berhasil mengalahkan lawannya. Namun pertempuran tidak berhasil sampai disitu,dengan keadaan terlua Herakles harus menghadapi pasukan tempur Liguria. Zeus membantu Herakles dengan memberikan pancuran batu yang digunakan oleh Herakles untuk melempari musuh-musuhnya dengan batu. Setelah selesai bertarung sebagian ternak Herakles dicuri oleh Kikos yang merupakan raksasa,Herakles membunuh Kakos dan mengambil kembali hewan ternaknya. 


Mengambil Apel Hesperides

Catatan Baka-kun: Juni 2016

Hesperides yang jumlahnya lebih dari satu adalah anak dari Hesperis dan Titan Atlas yang bertugas menjaga kebun dimana di kebun itu ada pohon yang dapat menghasilkan apel emas. Pohon yang menghasilkan apel emas ini milik Hera yang dijaga oleh Lados. Lados sendiri merupakan seekor naga berkepala seratus anak dari Tifon dan Ekhidna. Ketika menuju tempat apel emas itu,Herakles membantu Pometheus membunuh elang yang memakan livernya da sebagai balasan Pmetheus memberitahu Herakles untuk memanfaatkan Atlas dalam mengambil apel tersebut. Herakles kemudian ke tempat Titan Atlas yang sedang memikul langit. Titan Atlas mau mengambilkan apel emas itu asalkan Herakles mau memikul langit untuk sementara dan Herakles menyetujuinya. Setelah Titan Atlas berhasil mengambil apel emas dia meminta agar ia sendiri yag menyerahkan apel emas atas nama Herakles,Herakles tidak dapat berbuat banyak karena ia sedang memikul langit di pundaknya. Namun Herakes memiliki ide,ia berkata pada Atlah bahwa ia mau memikul langit untuk seterusnya namun ia mau membetulkan letak jubahnya agar lebih nyaman saat memikul langit,Atlas menyetujui dan ia mengambil alih angit serta memberikan apel emas kepaa Herakles. Ketika posisi Atlas sudah kembali memikul langit Herakles kabur dengan apel emasnya.Herakles menunjukkan apel itu pada Euristheus kemudian apel itu ia berikan kepada dewi Athena,apel tu kembali ke tempat semula.


Menangkap Kerberos

Mitologi Yunani/12 Tugas Herakles/Tugas Kedua Belas - Wikibuku bahasa  Indonesia

Kerberos adalah anak dari Tifon dan Ekhidna yang berwujud anjing berkepala tiga. Tugas dari Kerberos adalah menjaga dunia bawah agar arwah tidak bisa kabur.Herakles pergi ke dunia bawah dan bertemu dengan Hades,ia meminta izin pada Hades untuk membawa Kerberos. Hades mengizinkan dengan syarat tidak boleh menangkap Kerberos dengan menggunakan senjata. Herakles berusaha menangkap Kerberos dengan bergulat dan membawa Kerberok ke Euristheus. Euristheus memberi perintah terahir kepada Herakles untuk mengembalikan Kerberos ke dunia bawah. Dengan ini Herakles bebas dan tida peru mengabdi pada Euristheus lagi.

Komentar