When I am Feeling Sad 👼


 "Ketika kamu kehilangan tujuanmu. Lihat jalan yang telah kamu lalui selama ini." Itu adalah kutipan dari drama korea Suits. Dari sana kita belajar,buat bangkit dari keterpurukan. Buat kalian yang lagi ngerasa sedih,ngerasa ga punya siapa-siapa,hari ini aku mau berbagi ke kalian gimana cara aku bangkit dari keterpurukan,apa yang aku lakuin saat aku sedih sesuai dengan pengalaman yang udah aku lewatin.

2020 emang tahun yang berat bagi semua,banyak kejadian-kejadian mulai dari bencana alam,penyakit sampai kisruh negara di luar negeri terjadi tahun ini. Tapi aku rasa tahun ini juga banyak yang ngalamin kesedihan dalam hidup,dalam masalah pribadi. Bukan berarti tahun-tahun sebelumnya ga ada masalah,cuma aku ngerasa tahun ini bawaannya sedih aja. 

Sedikit cerita,kalian yang follow instagram aku mungkin tau kejadian apa aja yang bener-bener bikin aku down. Apalagi kehilangan orang yang kita sayang buat menghadap Tuhan. Disini aku mau sharing apa aja yang aku lakuin buat bangkit lagi. Btw,ini udah masuk bulan baru. Bulan Agustus. Semoga rahmat Tuhan selalu menyinari kita semua💖
Oke kita langsung aja ke topik bahasan.

1. Berpikir positif
Dimasa kesedihan emang susah banget mikir positif. Pasti ada dari kalian yang mikir "kenapa ini semua harus aku alamin" atau "kenapa Tuhan gak adil,orang-orang bahagia aku engga". Mulai sekarang STOP! Jujur,dulu aku pernah gini dalam menghadapi masalah dan cara berpikir seperti ini malah memperburuk suasana hati. Tantangan terberat saat kita ditimpa masalah adalah berpikir positif ini,tapi ini adala KUNCI UTAMA kita bisa BANGKIT dari keterpurukan. Catet baik-baik,mikir positif. 

Yang bingung berpikir positif ini maksudnya gimana sih? Jadi,saat kita ditimpa masalah misalnya nih pacar kalian selingkuh. Aku pakai contoh ini aja ya. Nah,kalian jangan mikir "kenapa Tuhan misahin aku dari dia" tapi BERTERIMAKASIH lah. Kenapa? Ubah pikiran kalian yang mengira Tuhan gak sayang kalian karena misahin kalian dari pacar kalian jadi rasa syukur "Tuhan misahin aku dari dia karena dia bukan cowok baik-baik,kalau dia baik apapun godaan pasti berusaha dia hadapin". Ini emang susah banget,gak masalah kadang kalian emosi kalau inget kejadian yang bikin kalian sakit. Tapi ambil HIKMAH yang kalian petik dari kejadian itu. Tuhan sayang kalian,Ia ga mau anak-anaknya yang Ia sayang jatuh ke pelukan orang jahat. 

Kalian yang terpuruk sedih karena masalah pacar atau diselingkuhin,putus,dll. Kalian bisa ikutin cara aku ini,ini sesuai pengalaman pribadi aku ya. 
- Aku mikir Tuhan ambil dia dari aku karena saat ini dia bukan yang terbaik. Kalian ga mau dong ada didalam hubungan toxic. Jadi Tuhan pisahin kalian dulu,nah disini kesempatan kalian memperbaiki diri. Aku pribadi jadi termotivasi upgrade myself jadi lebih baik,dari penampilan,finansial,semuanya pokoknya.
- Kalau kamu masih belum bisa nerima,pikir ini adalah cara Tuhan memperbaiki diri kalian dulu. Sekarang dia belum bisa jadi pasangan yang baik. Tuhan perbaiki dia dulu,Tuhan kasi dia pelajaran biar dia berubah dan nanti saat dia berubah jadi lebih baik dan jika kalian jodoh,Tuhan persatukan kalian kembali. Disini juga kalian ditempa jadi wanita yang kuat. Aku pegang prinsip "Tuhan ngasih aku rasa sakit duluan sebagai pelajaran. Udah ngerasain sakit lebih dulu,udah tau rasanya jadi aku gak boleh nyakitin perasaan orang". Pegang prinsip itu kuat-kuat. 
Kalau kalian terpuruk karena kehilangan orang yang kalian sayang buat menghadap Tuhan,mikir gini "di dunia dia menderita ngerasain sakit,dengan dipanggil Tuhan dia dibebasin dari sakitnya" atau "Tuhan sayang dia makanya dipanggil secepat ini". Emang itu klise tapi maknanya beneran dalem bagi yang udah ngerasain ditinggal orang yang kita sayang. Dunia ini penuh kejahatan,apalagi di zaman sekarang. Tuhan sayang sama orang yang ia panggil menghadapNya dengan cepet,mungkin meninggal di usia muda. Itu karena dia yang ninggalin kita adalah orang baik,Tuhan sayang dia dan gak mau dia terkontaminasi kejahatan yang ada disini. Dari sana dia pasti doain kita. Disini kita belajar jadi manusia baik,nabung pahala sebanyak mungkin. Itu yang aku lakuin sampe hari ini,saat aku nulis postingan ini.

2. Doa
Mungkin dari kalian mikir,semua bacaan yang bahas cara move up dari kesedihan bilangnya doa. Tapi ini bener-bener ngerubah hidup aku. Sekarang kalian mikir gini,Tuhan misahin kalian dari orang yang kalian sayang,atau ngasi kalian kegagalan dalam suatu usaha biar kalian lebih dekat padaNya,karena sifat manusia kebanyakan kalau susah baru inget Tuhan. Mungkin Tuhan kangen kalian,pengen lebih banyak ngabisin waktu sama kalian. Kalian doa,habis doa aku biasanya meditasi. Kalian cerita ke Tuhan apa kesulitan kalian. Mau nangis,nangis aja. Aku juga nangis kalau doa. Terus minta ke Tuhan jalan yang TERBAIK,bukan apa yang kalian mau,tapi minta yang terbaik buat kalian. Aku kalau doa suka minta kasi apapun yang terbaik buat aku. Misal nih,kalian pengen balikan sama mantan yang udah jahat ke kalian tapi kalian masih sayang. Bilang ke Tuhan minta yang terbaik,bilang ke Tuhan kalian masih sayang sama si dia dan minta ke Tuhan jika jodoh kalian dipersatukan disaat kalian udah bener-bener belajar dari kesalahan,udah upgrade jadi manusia yang lebih baik. Sebelum itu,JANGAN MAKSA. Gak mau sakit hati lagi kan gara-gara balikan sama dia yang belum berubah?

3. Membaca
Bacaan apa yang bisa bikin kita bangkit dari keterpurukan? Aku pribadi suka baca kitab suci agama aku. Kalian bisa baca kitab suci agama kalian masing-masing. Pasti ada ayat yang bisa bikin kalian bangkit setelah baca. Jujur,aku baca kitab suci gak dari agama aku aja. Agama lain juga aku baca cuma aku carinya di internet. Coba deh kalian search ayat bagi yang mengalami kesedihan nanti pasti nemu ayat yang setelah kalian baca bikin kalian lebih tenang. Habisin waktu kalian buat baca hal-hal positif kayak gitu. 
Selain kitab suci,aku juga baca quotes penguat yang bikin aku semangat,cari di google atau pinterest banyak banget. Cari yang positif jangan malah baca yang galau-galau.

4. Lagu
Saat sedih gini aku biasanya dengerin lagu. Lagu apa? Pertama,aku denger lagu tentang Tuhan pokoknya. Yang liriknya mengingatkan kita kalau cobaan ini bakalan selesai secepatnya,bantuan dari Tuhan bakalan segera dateng. Setelah mood aku baikan,aku denger lagu kesukaan aku,aku KPOPers kebeteluan jadi aku dengerin lagu korea,tapi...
Catet,cari lagu yang ngebeat,yang asik jangan mellow galau. Ga usah dengerin lagu galau-galau yang bikin sedih lagi atau yang musiknya mellow gitu,GA USAH!

5. Menulis
Nulis apa? Tulis pelajaran yang kamu ambil dari masalah yang kamu hadapin biar suatu hari kalau seandainya kalian ngalamin kejadian yang sama lagi,mudah-mudahan engga sih. Kalian tau apa yang harus kalian lakukan. Misal kalian ada masalah apa dan kalian akhirnya tau apa penyebab masalah itu yang mungkin asalnya dari dalam diri kalian,catet. Biar suatu hari kalian ga ngulangin lagi karena udah tau apa yang akan kalian terima seandainya kalian mengulangi kesalahan yang sama.

6. Hobby
Terakhir,setelah semua itu kalian lakukan saatnya kalian kerjakan hobby kalian. Contohnya kayak aku hobby nulis,aku nulis blog sharing ke kalian pengalaman aku yang aku rasa bermanfaat bagi banyak orang. Terus aku juga nulis novel,artikel di suatu media. Buat goals kalian apa,kemudian coba raih goals itu. Tentukan target kalian biar kalian bisa fokus ke kerjaan kalian dan membuktikan kalian baik-baik aja bahkan bisa jadi manusia yang lebih baik.

JANGAN LAKUKAN INI!!!
1. Denger lagu galau sedih-sedihan. Cari lagu seperti yang udah aku jelaskan diatas.
2. Jangan baca quotes galau-galau menyedihkan. Cari quotes pembangkit semangat,biar cepet bangkit dari keterpurukan. Kalian juga bisa kutip ayat dari kitab suci yang kalian baca yang kalian rasa menguatkan kalian.
3. Jangan mengurung diri. Ini bakalan bikin pikiran makin sedih. Percaya sama aku,lingkungan sangat berpengaruh. Setidaknya kalian keluar kamar,diem di halaman cari udara segar,lihat langit. Ini lho berkat yang Tuhan kasi,berkat yang masih kalian bisa nikmati disaat kalian terpuruk sekalipun. Tuhan emang sebaik itu,gimana caranya aja kita bisa bersyukur.
4. Jangan pernah mikir Tuhan gak adil ya,kalian di kasih masalah artinya kalian ditempa jadi manusia yang lebih baik. Harus dihancurkan dulu,tapi untuk dibentuk lagi jadi yang terbaik.

REKOMENDASI LAGU
Disini aku kasi kalian lagu yang menurut aku bisa menguatkan kita dikala ada masalah. Lagu pertama judulnya "Tak Pernah Terlambat - Grezia Epiphania". Lagu ini mengingatkan kita bahwa Tuhan bakalan selalu ada buat kita,pertolongan dari Tuhan pasti selalu datang di waktu yang tepat. Lagu yang kedua,judulnya "Doa Mengubah Segala Sesuatu - Vania Larissa". Lagu ini mengingatkan kita untuk terus berdoa sama Tuhan,pasti bakalan ada mujizat yang datang. Yakini itu,gak ada yang gak mungkin kalau Tuhan udah berkehendak. Tuhan pasti kasih yang terbaik buat anak-anaknya. Lagu ketiga judulnya "Pelangi Sehabis Hujan - Nikita". Dari judulnya aja udah tau kan ya makna dari lagu ini. Ya,kebahagiaan akan muncul seusai masalah yang kita hadapi selesai. Gak akan selamanya kita terpuruk karena hidup ini berputar. Ketiga lagu itu yang bikin aku semangat lagi dalam menghadapi masalah.

AYAT KITAB SUCI
Selanjutnya aku mau sharing ke kalian beberapa ayat kitab suci dari berbagai agama yang menguatkan aku.
 
 
 

Akhir kata,inget kata sang Buddha "Pada akhirnya, hanya tiga hal yang berarti: Seberapa banyak kau mencintai,
Seberapa lembut kau menjalani hidup, dan seberapa ikhlas kau melepaskan sesuatu yang tidak dimaksudkan untukmu". 
Kita semua harus belajar mengikhlaskan dan harus YAKIN,Tuhan akan gantikan apa yang Ia ambil dari kita dengan yang lebih baik. Semangatt 👼

Komentar