Plant App : Picture This | Aplikasi Identifikasi Tanaman + Review


Di masa pandemi banyak orang-orang yang mencari kegiatan baru untuk mengisi waktu saat stay at home,salah satu kegiatan yang banyak dilakukan aalah berkebun. Untuk itu karena moment nya lagi pas,kegiatan berkebun sedang naik daun jadi aku mau sharing ke kalian salah satu aplikasi yang aku gunakan,berhubungan dengan tanaman. Nama aplikasinya adalah Picture This. Kalian bisa download di Play Store. Aplikasi ini juga bisa digunakan buat kalian yang gak punya hobby berkebun tapi suka penasaran sama jenis tanaman yang jarang kalian lihat.

Aplikasi ini memiliki fungsi untuk mengidentifikasi tanaman lewat foto. Setelah kalian foto tanaman yang ingin kalian ketahui,maka aplikasi ini akan mengidentifikasi tanaman apa yang kalian foto. Penjelasan yang diberikan juga detail banget,sampai cara merawat tanamannya juga ada. Fyi,aplikasi ini menggunakan bahasa Inggris,jadi hasil identifikasi yang muncul menggunakan bahasa Inggris. Kalian bisa sambil belajar bahasa juga disini. Dan satu hal lagi,nama tanaman yang muncul berupa bahasa latin dari tanaman tersebut. Kalau pengen tau lebih dalam bahasa Indonesia dari nama tanaman yang kalian identifikasi tinggal search di google aja,masukin nama latin yang uncul di aplikasi tersebut di google tar psti muncul bahasa Indonesianya. Aplikasi ini berguna banget bagi orang-orang yang kepo'an kayak aku. "Ini tanaman kok mirip tanaman A tapi kayaknya beda". Pernah kan mikir gitu? Nah dengan mendownload aplikasi ini rasa kepo kalian bisa terbayarkan. Dan untuk tambahan info,identifikasi tanamannya gak selalu tepat ya,maka di aplikasi ini kita bisa menambahkan foto dari tanaman yang kita identifikasi. Selengkapnya tentang aplikasi ini aku jelasin lebih detail dibawah.


Saat pertama kali membuka aplikasi setelah mendownload,kalian bakalan liat langkah-langkah menggunakan aplikasi ini. Jadi di awal udah dikasi tau step by step nya.


Ini hasil aku pakai aplikasi ini. Aku coba foto tanaman aloe vera aku. Pertama,buka camera pada aplikasi. Setelah kalian foto tanaman yang ingin diidentifikasi,tinggal tunggu aplikasi memproses identifikasi.


Setelah aplikasi berhasil mengidentifikasi foto,akan muncul jenis tanaman yang kalian foto. Seperti yang udah aku kasi tau diatas,nama tanaman yang muncul adalah nama latin tanaman beserta gambar-gambarnya. Di bagian atas,di gambar yang bentuknya lingkaran muncul gambar yang bisa di slide. Gambar-gambar itu jenis yang paling mirip dengan tanaman yang kalian foto. Slide terakhir di bagian "no match?" jika tanaman yang kalian identifikasi ternyata salah identifikasi kalian bisa mengajukan foto dan nama latin tanaman.


Selain nama tanaman,di aplikasi ini diberikan tips seputar tanaman yang kalian identifikasi mulai dari penyiraman tanaman,sinat matahari dan banyak lagi.


Di aplikasi ini juga diberikan cara merawat tanaman yang kalian identifikasi dengan benar,hama apa saja yang mungkin menyerang tanaman kalian dan masalah-masalah yang kemungkinan menyerang tanaman.


Disini kalian bisa baca Q&A seputar tanaman yang kalian identifikasi.


Selain tips serta perawatan tanaman,kalian juga bisa liat spesifikasi tanaman secara detail di apliaksi ini.


Tanaman yang kalian identifikasi akan masuk kedalam koleksi tanaman di aplikasi ini. Kalian bisa kasi nama tanaman kalian dan hapus tanamam dari koleksi. Dan satu lagi,aplikasi ini memberikan penjelasan manfaat dari tanaman yang kalian identifikasi dan bagaimana cara penggunaannya.

REVIEW :
Kelebihan :
1. Penjelasan lengkap,mulai dari detail tanamam,perawatan,hama yang mungkin menyerang hingga cara memanfaatkan tanaman yang kalian identifikasi
2. Identifikasi 90% akurat
3. Disertai gambar yang jelas
4. Cara menggunakan aplikasi dijelaskan di awal jadi gak bingung saat makai aplikasi ini

Kekurangan :
1. Bahasanya cuma bisa pakai bahasa inggris jadi yang ga terlalu paham bahasa inggris susah buat pakai aplikasi ini
2. Kadang identifikasi tidak akurat

Oke guys itu sedikit penjelasan dari aplikasi Picture This. Kesimpulannya aku rekomendasiin kalian buat download aplikasi ini karena bermanfaat banget bagi yang suka sama tanaman. Aplikasinya juga gratis. Semoga bermanfaat.

Komentar