Mitologi Yunani : Makhluk & Monster Dalam Mitologi Yunani

 



Mitologi Yunani selalu menarik untuk dibahas karena didalamnya banyak menceritakan kisah para dewa hingga makhluk-makhluk mengerikan yang berasal dari cerita Yunani Kuno. Makhluk-makhluk dalam mitologi Yunani jumlahnya sangat banyak,jadi kita akan bahas dalam beberapa part. Dan part yang sedang kalian baca ini adalah Part 1 dari Mythical Greek Creatures atau makhluk mitologi Yunani.


Medusa

Medusa digambarkan sebagai wanita yang kepalanya dipenuhi oleh ular. Medusa merupakan anak dariPhorcys dan Ceto dan merupakan saudara dari Sthenno dan Euryale, Medusa,Sthenno dan Euryale merupakan tiga bersaudara yang disebut Gorgon. Medusa mati karena kepalanya dipenggal oleh Perseus. Perseus merupakan anak dari Zeus. Darah yang menetes setelah kepala Medusa dipenggal berubah menjadi ular. Medusa dianggap sebagai monster yang jahat namun kepala medusa ini dianggap sebagai jimat perlindungan dari kejahatan. 


Hydra

Hydra merupakan monster naga yang memiliki kepala berjumlah sembilan. Jika satu kepala Hydra terpenggal maka akan tumbuh kepala baru. Selain rupanya yang menyeramkan,darah dan nafas Hydra juga beracun. Hydra tinggal di pintu masuk menuju dunia bawah,yaitu di gua yang letaknya di danau Lerna. Konon,Hydra dibunuh oleh Herakles 12 dalam tugasnya menebus dosa dan membunuh Hydra menjadi salah satu tugas berat baginya.


Gigantes

Gigantes merupakan anak dari Gaia yang dibuahi oleh darah Uranus. Gigantes lahir untuk melawan para dewa dan dewi dalam mitologi Yunani. Perang Giganthomakhia merupakan perang Gigantes melawan para dewa. Gigantes ini bejumlah 12,untuk melawan ke-12 para dewa. Adapun para Gigantes dan dewa yang dilawan adalah sebagai berikut : Alcyoneus melawan Hades,Porhyrion melawan Zeus,Enceladus melawan Athena,Orion melawan Apollo dan Arthemis,Damasen melawan Ares,Polybotes melawan Poseidon,Otis dan Epiyaltes melawan Dionysus,Hippolytus melawan Hermes,Periboia melawan Afrodit,Thoon melawan Moriae,Mimas melawan Hephastus,Clytus melawan Hecate.


Cyclops

Dalam mitologi Yunani,Cyclops digambarkan sebagai raksasa bermata satu. Cyclops adalah anak dari Uranus (langit) dan Gaia (bumi). Cyclops merupakan 3 bersaudara yang terdiri dari Arges,Brontes dan Steropes. Mereka dipenjarakan oleh Uranus yang merupakan ayah mereka karena memiliki rupa yang menyeramkan namun akhirnya dibebaskan oleh Zeus untuk membantu perang melawan Titans. Cyclops memiliki keahlian dalam dunia perbesian dan merekalah yang membuatkan helm kegelapan untuk Hades,trisula untuk Poseidon dan petir unuk Zeus. Dan akhirnya mereka bekerja dengan Hefaistos yang merupakan dewa besi dan api.


Driad

Dryad merupakan peri hutan berwujud wanita dalam mitologi Yunani. Hidup mereka sangat damai karena dekat dengan para dewa. Artemis merupakan sekutu Dryad dan akan menjadi yang pertama dalam membalas dendam jika terjadi sesuatu pada Dryad. Dryad melindungi pohon-pohon yang ada di hutan dan akan membalas dendam jika ada yang merusak pohon.Jika ingin menebang pohon,terlebih dahulu harus meminta restu pada Dryad atau memberikan persembahan.


Siren

Siren merupakan makhluk mitologi Yunani yang berwujud wanita setengah burung. Konon siren adalah makhluk mitologi paling cantik. Siren memiliki suara yang merdu namun sangat berbahaya. Nyanyian dari siren membuat nasib orang yang mendengarnya berakhir dengan kematian. Selain dikatakan berwujud setengah burung,siren juga dikatakan berwujud seperti putri duyung yang memiliki ekor. Siren sangat ditakuti oleh para pelaut karena nyanyiannya dapat membuat orang-orang yang mendengar seakan-akan terhipnotis dan menceburkan diri ke laut. 


Pegasus

Pegasus merupakan putra Poseidon yang digambarkan dengan kuda jantan bersayap. Pegasus lahir dari hubungan antara Poseidon dan Medusa di kuil milik Athena. Hal ini membuat Athena marah dan mengutuk Medusa menjadi makhluk mengerikan dengan kepala dipenuhi ular. Saat Perseus memenggal kepala Medusa,Medusa melahirkan anak-anak dari Poseidon yaitu Pegasus,Chysaor. Pegasus pergi ke puncak gunung Olimpus tempat para dewa dan ditugaskan oleh Zeus untuk membawakannya petir.Pegasus juga menjadi tunggangan Eos,sang dewi fajar.


Babi Erimathia/Erimanthian Boar

Babi Erimanthia yang juga dikenal dengan sebutan babi Erimanthios merupakan babi yang ditangkap oleh Herakles. Babi itu ia tangkap lalu ia ikat dan dibawa dan diperlihatkan kepada Eriustheus dan Eriustheus ketakutan kemudian bersembunyi. Ia meminta Herakles untuk menyingkirkan babi itu. Herakles menangkap babi Erimanthia dalam usahanya menyelesaikan tugasnya,dalam hal ii tugas ke empat. Ia menangkap babi itu dengan cara menggiringnya ke salju tebal pada musim dingin,saran itu diberikan oleh Khiron dan bershasil.


Arion

Arion merupakan anak dari Poseidon dan Demeter Poseidon merupakan saudara dari Demeter namun Poseidon jatuh cinta pada Demeter saat terjadi penculikan Hades dan Persefon. Poseidon berusaha memperkosa Demeter dan ia berubah wujud menjadi kuda lalu bersembunyi diantara kuda Arkadia. Saat berubah menjadi kuda itulah ia berhasil memperkosa Demeter dan lahir Arion yang merupakan kuda dengan gerakan sangat lincah.


Harpy

Harpy dalam mitologi Yunani digambarkan sebagai burung dengan kepala manusia dengan wujud wanita. Ia merupakan anak dari Tifon dan Ekhidna serta saudara dari Iris. Harpy membawa orang-orang jahat menuju tempat pembalasan dendam yang bernama Erinyes. Harpy berjumlah dua yang bernama Okipites, Aillo dan Celaeno. Dulu mereka adalah arwah angin yang merusak. Aillo adalah badai deras,Okipites adalah sayap deras dan Celaeno merupakakan gelap.


Oke guys itu tadi pembahasan mengenai makhluk mitologi Yunani part 1. Next,aku bakalan bahas part 2 dan part 3 nya karena kalau aku jadiin dalam satu postingan jadi terlalu panjang. Part 2 lagi dalam proses dan secepatnya akan di publish. So,thank you for reading <3

Komentar