Mitologi Yunani : Makhluk-makhluk dalam Mitologi Yunani Part 2

Kemarin aku udah bahas tentang makhluk dan monster dalam mitologi Yunani dan postingan ini adalah lanjutannya. Karena makhluk mitologi Yunani ini banyak banget jadi aku bagi jadi 5 part dan ini adalah part 2 nya. Kalian yang belum baca part 1 bisa baca dulu ya Makhluk Mitologi Yunani Part 1.

Ladon


Ladon digambarkan sebagai naga yang memiliki 100 kepala,bertugas menjaga pohon apel emas Hesperides. Ia merupakan anak dari Tifon dan Ekhidna namun versi lain mengatakan Ladon adalah anak dari Keto dan Forkis. Ladon dibunuh oleh Herakles dalam rangka menjalankan tugasnya yang kesebalas dimana dalam tugas itu ia harus mengambil apel emas Hesperides dan memberikannya pada Euristheus. Namun ada versi lain yang mengatakan bahwa Herakles meminta Atlas untuk mengambil apel emas tersebut. 


Lamia

Lamia merupakan makhluk yang suka memangsa bayi. Awalnya Lamia adalah Ratu Libya berparas cantik hingga Zeus tertarik padanya. Hera yang mengetahui Zeus berselingkuh murka dan menculik anak-anak Lamia. Lamia yang kehilangan anak-anaknya membalas dengan menculik dan memakan anak-anak yang diculiknya. Hal ini menyebabkan rupanya berubah menyeramkan.


Delphin


Delphin merupakan para pemimpin lumba-lumba dalam mitologi Yunani. Poseidon menempatkan Delphin sebagai rasi bintang.


Athos

Athos merupakan salah satu dari para raksasa (Gigant). Athos pernah melemparkan gunung kepada Zeus namun Zeus memukul gunung tersebut dan gunung itu jatuh di dekat Makedonia. Karena itu gunung tersebut dinamai Gunung Athos.



Echidna


Echidna dikenal sebagai ibu dari segala monster,berwujud manusia setengah ular dan tinggal di gua. Ia merupakan pasangan dari Typhon. Anak-anak yang lahir dari Echidna berupa makhluk-makhluk mengerikan yang berperang melawan para Olympian God atau dewa olimpus. Gua tempat Echidna tinggal disebut Arima. 


Babi Kalidonia

Babi Kalidonia merupakan salah satu monster yang dikirim oleh Artemis untuk menghancurkan daerah Kalidon karena rajanya tidak menghormati para dewa. Para pahlawan bertugas untuk menangkap babi ini. Babi ini berhasil dibunuh dalam suatu perburuan besar yang dilakukan oleh para pahlawan.


Banteng Kreta

Banteng Kreta merupakan banteng yang dikirim oleh Poseidon kepada Raja Kreta yang bernama Minos karena Raja Kreta berdoa pada Poseidon untuk mengirimkan banteng putih agar banteng itu bisa digunakan sebagai persembahan kepada Poseidon. Namun Raja tersebut tidak mengorbankan banteng itu sebagai persembahan dan mengingkari janjinya pada Poseidon yang membuat Poseidon murka. Pasifae yang merupakan putri dari dewa matahari dan juga istri dari Minos dibuat jatuh cinta dengan banteng yang telah dikirimkan oleh Poseidon hingga melahirkan anak dari banteng tersebut berupa monster yang bernama Minotaur sebagai hukuman kepada Minos karena telah mengingkari janjinya. Akhirnya banteng itu terbunuh ditangan Herakles dalam menyelesaikan tugasnya yang ketujuh.


Kampe


Kampe merupakan monster berwujud wanita berbadan naga dan memiliki ekor kalajengking,disebut Drakaina yang tinggal di dunia bawah. Ia ditugaskan untuk menjaga Hekantonkhire dan Kiklops namun ia berhasil dibunuh oleh Zeus ketika Zeus berusaha menyelamatkan Kiklops dan Hekantonkhire.


Kharon

Kharon merupakan anak dari Erebos dan Niks. Ia merupakan pendayung di dunia bawah yang bertugas mengantar arwah menyeberangi sungai Akheron. Ia mengharuskan arwah yang menumpang perahunya untuk membayr dengan satu koin yang bernama Obolos. Jika arwah tidak memiliki koin maka arwah tersebut tidak bisa menyeberang sungai dan harus menunggu selama ratusan tahun. Oleh karena itu,orang Yunani menyelipkan koin pada orang meninggal sebelum jenazah dibakar.


Chiron

Chiron merupakan anak dari Kronos dan merupakan centaur yang cerdas karena semasa muda ia diajar oleh Apollo dan Artemis. Chiron adalah guru dari para pahlawan karena memiliki banyak keahlian di bidang pengobatan hingga pertarungan. Herakle dan Dionisos pernah menjadi murid dari Chiron.


Satyr

Satyr merupakan makhluk berwujud manusia setengah kambing dan memiliki ekor dan telinga seperti kuda. Satyr hidup di hutan-hutan Yunani dan gemar mabuk. Satyr sangat pandai dalam bermain seruling,ia merupakan makhluk dengan jenis kelamin laki-laki. Satyr sebenarnya adalah teman dari kambing-kambing para dewa. Dikatakan Satyr dan Faun merupakan makhluk yang sama,hanya saja berbeda penyebutan. Satyr disebut dalam mitologi Yunani sedangkan Faun disebut didalam mitologi Romawi.


Orthros

Orthros merupakan makluk yang digambarkan berupa anjing berkepala dua yang merupakan saudara kembar dari Cerberus. Cerberus sendiri merupakan anjing yang memiliki tiga kepala. Mereka merupakan anak dari Typhon dan Echidna. Orthros bertugas menjaga sapi merah Geryon yang ada di Erytheia. 


Scylla


Scylla merupakan jenis monster laut dalam mitologi Yunani dengan kepala anjing di pinggangnya. Ia tinggal di sekitar Kharibdis yang merupakan pusaran air raksasa. Dikatakan bahwa Glaukos jatuh cinta pada Scylla karena dulunya Scylla adalah wanita cantik namun Scylla menolak cinta sang raja laut. Raja laut kemudian meminta bantuan kepada Kirke yang merupakan penyihir agar Scylla jatuh cinta pada Glaukos namun Kirke merubah Scylla menjadi monster.


Sekian pembahasan kita mengenai makhluk mitologi Yunani di part 2 kali ini. Tapi,masih ada lanjutan mengenai makhluk mitologi yang lain. Seperti yang udah aku bilang di Part 1,karena makhluk mitologi Yunani sangat banyak jadi kita bahas dengan cara dibagi menjadi beberapa part.
Kalian yang belum baca Makhluk mitologi Yunani part 1 silahkan klik disini.
Thank you for reading <3

Komentar