Makhluk-makhluk dalam Mitologi Yunani Part 4

Hari ini aku masih mau lanjut membahas tentang makhluk mitologi Yunani dan kita masuk ke part 4. Dan aku udah pastiin bahwa pembahasan kita tentang mitologi Yunani ini terbagi jadi 5 part jadi setelah postingan ini aku bakalan post part 5 nya. Langsung aja bagi kalian yang suka baca tentang makhluk mitologi dibawah ini udah aku jelasin mengenai beberapa makhluk mitologi Yunani. Yang belum baca makhluk mitologi Yunani part 1,2,3 silahkan baca dulu ya Makhluk Mitologi Yunani #1 ; Makhluk Mitologi Yunani #2 ; Makhluk Mitologi Yunani #3


 Enkelados

Enkelados merupakan anak dari Gaia dan Uranus. Enkelados lahir dari Gaia yang dibuahi oleh tetesan darah Uranus. Enkelaados tewas ditangan dwi Athena,karena terkena tombak dewi Athena ketika pertempuran antara Gigant dengan para dewa. Enkelados dikubur dibawah Gunung Etna. Ia merupakan salah satu Gigant atau raksasa anak dari Gaia. 


Erinyes

Erinyes adalah anak dari Gaia yang lahir karena tetesan darah Uranus. Erinyes merupkan dewi yang jumlahnya tiga,yaitu Dewi Alekto,Dewi Tisifon,dan Dewi Megaira. Erinyes ini disebut dewi kemarahan dan pembalasan. Mereka yang menghukum manusia jika berbuat kesalahan terutama jika manusia melanggar perintah dewa,membunuh. Mereka yang merasa diperlakukan tidak adil bisa memanggil Erinyes terutama orang tua yang mengutuk anaknya.


Eurilae

Eurilae merupakan salah satu Gorgon. Eurilae dan Stheno adalah Gorgon yang abadi sementara Medusa tidak. Eurilae memiliki tangan yang terbuat dari kuningan,bertaring tajam dan memiliki rambut ular. Ia sama seperti saudara-saudaranya yang memiliki kemampuan mengubah sesuatu yang ditatapnya menjadi batu. Gorgon merupakan anak dari Tifon dan Echidna.


Minotaur

Minotaut adalah anak dari Pasiphae dan Banteng Kreta. Pasiphae merupakan istri Raja Minos. Sebelumnya,Raja Minos mengingkari janjinya untuk mempersembahkan Banteng Kreta pada Poseidon,hak ini membua Poseidon marah dan menjadikan istri Raja Minos jatuh cinta pada banteng Kreta bahkan hingga memiliki anak dan lahir Minoatur. Minoatur digambarkan sebagai makhluk setengah banteng setengah manusia. Minotaur dbunuh oleh Theseus,seorang pahlawan Yunani.

 

Empusa

Konon empusa merupakan makhluk yang sama dengan Lamia. Ia merupakan sesosok makhluk meneyramkan yang gemar menghisap darah dan memakan daging pria yang muda dan tampan. Biasanya ia mencari mangsa di daerah pantai dalam suasana yang gelap. Ia memiliki setengah tubuh manusia dan setengah tubuh ular namun ia juga bisa berubah menjadi wanita muda yang cantik untuk memikat pria yang akan dijadikan mangsa. Ia merupakan anak dari Hekate,dewi ilmu sihir.

 

Gerion

Gerion merupakan anak dari Khrisaor dan Kalliroe. Ia memiliki wujud monster berwajah manusia yang memiliki tiga badan,enam lengan,dan enam kaki. Orthros merupakan anjing peliharaan Gerion,anjing ini memiliki kepala dua dan bersaudara dengan Kerberos. Gerios mati karena dibunuh oleh Herakles dalam misinya menyelesaikan tugas. Herakles membunuh Gerion dengan menggunakan panah yang sudah diolesi

 

Gorgon

Gorgon merupapakan makhluk yang terdiri dari tiga perempuan dengan rambut ular dan memiliki tatapan yang membuat apapun yang mereka tatap bisa berubah menjadi batu. Masing-masing dari Gorgon ini bernama Stheno,Medusa dan Euryale. Dari ketiga bersaudara ini,Medusa yang paling banyak dikenal. Awalnya mereka bukan merupakan makhluk yang menyeramkan. Mereka berubah menjadi makhluk mengerikan sebab Athena yang merubah mereka. Medusa yang cantik menarik perhatian Poseidon dan mereka berhubungan di kuil suci Athena yang membuat Athena murka. Karena Poseidon adalah dewa,Athena tidak menemukan kesalahan pada Poseidon,dan mengubah Medusa beserta kedua saudaranya menjadi makhluk menyeramkan.

 

Graeae

Graeae merupakan makhluk berwujud perempuan dengan satu mata dan satu mulut. Mereka bertiga berbagi satu mata dan satu mulut tersebut secara bergantian dengan cara melepas mata dan gigi lalu mereka gunakan secara bergantian. Graeae adalah anak dari Phorcys dan Ceto. Graeae terdiri dari tiga wanita tua berambut abu-abu bernama Deino,Enyo dan Persis. Deino berarti mengerikan,Enyo berarti yang suka berperang,dan Persis berarti suka merusak. Mereka juga merupakan penyihir yang mengetahui segala rahasia para dewa dan dewi.


Drakon

Drakon merupakan makhluk berbentuk ular atau di beberapa negara disamakan dengan naga yang memiliki kaki dan sayap. Biasanya drakon adalah makhluk yang menjaga benda-benda pusaka dalam mitologi Yunani.


Moirai

Moirai merupakan dewi  takdir yang berjumlah tiga orang. Mereka yang bertugas untuk mengendalikan nasib manusia sejak lahir hingga hari kematian. Masing-masing dari dewi-dewi ini bernama Klotho,Lakhesis,dan Atropos. Klotho adalah dewi termuda yang bertugas memintal benang kehidupan tiap manusia. Lakhesis bertugas menentukan berapa lama manusia akan hidup dengan mengukur benang kehidupan menggunakan tongkatnya. Atropos merupakan dewi tertua diantara ketiganya. Ia bertugas memotong benang kehidupan dengan menggunakan gunting kebencian miliknya. Dialah yang bertugas menentukan kematian manusia dan mengatur bagaimana seseorang akan meninggal.


Nimfa
Nimfa merupakan makhluk dengan rupa yang cantik yang hidup di alam bebas. Ia diidentikan dengan peri atau bidadari. Jenis-jenis nimfa : Acheloids (dari sungai Achelous),Alseids (kebun),Dryad (hutan),Hamadriad (pohon),Hydriads (air),Leimoniads (padang rumput),Meliads (pohon ash),Naiads (mata air dan sungai),Napaea (lembah),Nereid (Mediterania),Oceanids (laut),Oreads (pegunungan).


Ofiotaur

Ofiotaur merupakan makhluk dengan wujud setengah banteng dan setengah ular. Siapapun yang dapat membunuh ofiotaur dan membakar isi perutnya konon akan bisa mengalahkan para dewa. Dikatakan bahwa Briares berhasil membunuh Ofiotaur namun isi perutnya tidak dibakar dan diambil oleh eang untuk diserahkan kepada Zeus.

Itu aja yang bisa aku kasi hari ini,tunggu part 5 sekaligus part terakhir dari pembahasan kita tentang makhluk mitologi Yunani ya. Next,setelah selesain semua part kita bahas makhlok mitologi dari negara lain atau bahas satu-satu secara lebih rinci dari makhluk-makhluk mitologi Yunani yang udah aku jelasin secara singkat. Thank you for reading <3

Komentar