How I Wrote A Novel

 
Yang udah nonton drakor Welcome to Waikiki 2 mungkin ga asing sama kata-kata ini"Jika kau tahu kalau ini akan menjadi sulit, entah kau akan menyerah atau tidak, bukankah lebih baik kalau kau melakukan sesuatu yang kau suka?"
Quotes ini jadi salah satu penyemangat aku buat tetep produktif ngelakuin hal-hal yang aku suka,salah satunya menulis. Seperti yang kalian tau aku nulis blog,selain itu aku juga lagi coba nulis novel yang nantinya aku terbitin dalam bentuk ebook,rencananya. Semoga Tuhan izinin rencana-rencana yang udah aku susun terlaksana👼

Yang tau aku dari instagram atau follow instagram aku,kalian pasti aku big fan buku-buku ataupun film dengan genre misteri. Aku coba tulis novel genre misteri,walaupun ada satu rancangan novel aku genre romance,based on true story :")
Ditunggu yaa....

Nah lanjut ke topik bahasan,hari ini aku mau sharing ke kalian gimana cara aku menulis novel yang akan aku publikasikan dalam bentuk ebook. Banyak banget di youtube ataupun blog yang membahas cara menulis yang baik dan benar,kalian bisa liat disana. Tapi disini aku nulis dengan cara aku dan dengan senyamannya aku aja,karena disini aku jalanin hobby sekaligus nyoba peruntungan. Yang mau belajar nulis,bisa coba cara aku yaaa..

1. Tentukan genre yang ingin kalian tulis. Banyak banget genre yang biasa digunakan contohnya misteri,romance,horror dan masih banyak lagi. Kalian bisa cari tau dulu lebih banyak sebelum mulai menulis. Sesuaikan sama apa yang ada di imajinasi kalian,karena disini aku nulis awalnya "ngehalu" dulu. Bayangin kejadian "kalau A nanti endingnya gimana,kalau B kayaknya seru nih". 

2. Selanjutnya,langkah yang aku lakukan adalah menentukan peran setiap tokoh yang akan aku gunakan dalam novel. Tentukan dulu ada berapa orang yang akan terlibat dalam novel,berapa orang pemeran baik,jahat. Pemeran utama,pemeran pembantu. Tentukan si A perannya apa,misalnya A sebagai pembunuh,B si terbunuh,C orang yang melihat aksi pembunuhan. 

3. Setelah aku menentukan peran,selanjutnya aku buat nama untuk setiap orang yang sudah aku beri peran. Awalnya aku namain A,B ,C aja buat memudahkan. Setelah peran ditentukan,tinggal ganti nama A,B,C dengan nama sesuai kemauan aku. Disini jadi hal yang paling aku suka karena bisa ngasi nama sesuai kreatifitas kita,sesuai imajinasi kita. Pemberian nama ini jadi salah satu part favorit aku dalam menulis.

4. Lanjut ke tahap berikutnya,aku menentukan latar tempat dimana saja kejadian-kejadian dalam novel terjadi. Misalkan dimana tempat pembunuhannya,dimana rumah si pemeran utama,dll. Disini kita bisa pakai tempat yang memang bener ada di dunia nyata misal pake nama suatu negara,ataupun tempat yang sifatnya fictional atau karangan kita aja. Ini juga jadi part yang seru dalam nulis novel karena disini kita dituntut lebih banyak cari tau tempat yang kita pakai dalam novel misalkan menggunakan tempat yang nyata ada di dunia ini,misal cari tau nama resto yang dikunjungi pemeran dalam novel beserta menu-menu makanannya kalau perlu. Dan kalau sifatnya fictional,kalian bebas berfantasi mau gimana tempatnya. Yang penting nyambung sama cerita yang akan kalian tulis.

5. Setelah peran,nama dan tempat ditentukan baru aku mulai nulis ringkasan cerita. Disini yang aku tulis jalan cerita secara singkat. Contohnya "si A berlibur namun tiba-tiba dihadapkan dengan kasus pembunuhan. Yang menjadi suspects antara lain si A,B,C. Yang paling dicurigai antara lain....." 

6. Setelah bayangan dari cerita yang ada di pikiran aku udah aku tulis. Langkah selsnjutnya menulis draf per bab. Misal BAB 1 gimana jalan ceritanya,tulis agak detai mulai dari apa yang dilakukan tokoh,jam berapa,dimana,kapan. Jadi pas mulai ngetik tinggal mengembangkan dari apa yang kita tulis tadi. Sampai tahap ini aku masih nulis dengan pulpen sama kertas alias nulis tangan.

7. Setelah selesai menulis draf yang emang memakan waktu cukup lama,aku sendiri 1 novel nulis draf sebulan lebih😆
Langkah selanjutnya mulai mengetik apa yang sudah kita tulis,mengembangkan ide-ide tadi,menambahkan percakapan,menambah kalimat,dll. Ini juga makan waktu yang cukup lama.

8. Selesai mengetik,lanjut ke proses editing. Mengecek ada yang salah ketik atau engga,serta menambah halaman,daftar isi,pembuka dan semua yang diperlukan dalam novel. Kalian bisa cari tau apa aja bagiam yang harus ada pada novel ya.

9. Selesai semuanya,baru aku buat judul cover. Aku buat cover juga sendiri setelah menentukan judul. Di akhir aku baru menentukan judul yang pas buat apa yang udah aku tulis,di awal aku cuma nentuin tema aja. Entah kenapa aku susah nentuin judul di awal,kalaupun nentuin endingnya pasti berubah jadi beda banget dari judul awal😆

10. Setelah semua selesai,cek ulang. Baca dari awal novel yang udah kalian buat. Kalau mau dibuat dalam bentuk ebook kayak aku bisa pakai aplikasi calibre. Atau kalau mau dicetak dalam bentuk buku juga bisa. Aku sarankan diawal kalian cetak dengan sistem self publishing dulu. Selengkapnya tentang self publishing kalian cari tau sendiri ya,intinya kalau ada yang beli baru dicetak.

Itu tadi cara aku nulis novel ngejalanin hobby aku nulis sambil ngisi waktu biar tetep produktif,dan nyoba peruntungan juga pastinya. Untuk langkah penjualan (kalau jadi) nanti pasti bakalan aku update ke kalian. Semoga bermanfaat,tetep.produktif yaa💖

Komentar