How I Set My Goals || Cara Mengatur Goals & Target Agar Lebih Mudah Tercapai

Dari kalian mungkin ada yang lagi usaha banget buat capai goals atau target-target yang udah ditentuin di tahun 2020 ini,atau ada yang target di tahun sebelumnya belum terpenuhi. Untuk itu,aku mau berbagi tips nih ke kalian gimana cara aku buat mulai nentuin target sampai gimana cara aku buat capai target atau goals yang udah aku tentuin di tahun 2020 ini. 

Fyi,tahun ini aku udah tentuin 6 goals yang harus aku capai di tahun 2020 dan semoga semuanya bisa selesai. Puji Tuhan,2 dari 6 goals aku udah tercapai.
Walaupun belum semua target aku tercapai,aku tetep mau berbagi tips ke kalian gimana cara aku capai goals aku tadi. Langsung aja kita mulai ya 🦑

1. Mencatat Goals yang ingin dicapai
Okey,pertama aku mau kasih tau kalian langkah awal yang aku lakuin untuk mencapai goals aku.
Disini kalian butuh buku dan pulpen. Buat apa? Buat catet goals kalian tentunya. Dengan mencatat goals yang ingin dicapai berpengaruh banget buat aku. Tentuin berapa goals yang ingin kalian capai,apa aja goals itu terus kalian catet. Percaya sama aku,ini membantu banget. Kenapa? Jadi aku pribadi setiap muncul rasa males,aku baca catatan goals aku. Apa aja yang belum tercapai. Jadi aku termotivasi,masih banyak yang belum aku selesain tapi waktu gak bakalan nunggu aku,waktu terus berjalan kalau aku males goals ini gak bakalan kesampaian. 

2. Buat plan untuk mencapai goals
Maksudnya gimana? Jadi cara aku untuk mencapai goals di tahun 2020 ini adalah membagi lagi goals yang udah aku catat. Caranya ?
Contoh : goals aku tahun ini adalah blog aku keterima adsense
Nah,aku catet lagi nih apa aja yang diperlukan untuk mendaftarkan blog aku,apa aja syaratnya,apa aja yang aku perlukan buat meminimalisir kemungkinan ditolak adsense. Dan aku cari tau ke blogger yang blog nya udah diterima adsense gimana pengalaman mereka bisa diterima.
Misalkan yang diperlukan adalah jumlah postingan di blog 100 (misal ya),trus blog harus isi contact us,privacy policy,sitemap. Nah itu semua aku tulis deh,jadi semua ini yang harus aku selesain biar goals aku keterima adsense tercapai.

Jadi,setiap goals yang aku targetkan aku cari tau apa aja yang diperlukan buat mencapai goals itu terus aku kerjain satu-satu.
Sebagai contoh untuk daftar adsense jumlah post harus 100. Gimana cara aku biar bisa posting 100 postingan di tahun 2020 ini. Aku bagi lagi,per minggu berapa yang harus aku posting,hari apa aku cari bahan,hari apa aku nulis,hari apa aku edit,dan hari apa aku publish. Tentuin target per bulan kalian,apa aja yang harus kalian selesaikan di bulan ini. 
Jangan terlalu berat,dikit-dikit tapi itu harus selesai. 

3. Niat
Ini yang paling susah. Kadang suka males ngapa-ngapain apalagi kalau udah pegang HP. Tips dari aku 
Pertama,bangun pagi. Kalau bangun pagi entah aku aja atau kalian juga ngerasa pikiran lebih fresh dibandingkan bangun kesiangan. Gak enak aja rasanya bangun siang.
Kalau udah bangun pagi harus ngapain? Selesain dulu tugas rumah kalian,mau bersih-bersih,tugas sekolah atau kuliah. Beresin dulu cicil-cicil kalau emang deadline nya masih lama biar gak ada beban.
Kedua,mandi pagi. Ini sangat sangat amat penting. Aku pribadi setelah mandi pagi terus mulai kerjain hal yang mendukung untuk mencapai goals aku rasanya lebih semangat,fresh,mood naik. Ini beneran berpengaruh,apalagi kalau libur biasa suka mandi siang,coba bangun pagi terus mandi pagi. Pasti lebih enak kerjanya. Aku sendiri udah rasain.

Tips ketiga,disaat kalian mulai muncul rasa malas,liat catatan goals kalian,lalu liat catatan apa aja penunjang yang harus kalian lakukan buat mencapai goals kalian. Apa semuanya udah beres? Apa waktu satu tahun cukup untuk kalian nyelesain goals itu? Kalau engga,gak ada waktu buat males! Harus semangat,harus termotivasi sama catatan goals yang udah kalian buat. Setiap muncul rasa males,liat plan kalian. Udah sejauh mana beresnya,masih banyak gak yang harus diselesain. Itu semua bagi aku pribadi bener-bener bikin aku lebih semangat berkarya.

Keempat,notebook. Buat apa? Jadi setiap aku istirahat,merem,halu atau apapun itu biasanya ada aja ide baru yang menunjang aku untuk mencapai goals. Catet! Kalau kalian inget-inget doang bisa lupa. Kalian bisa catet di note hp atau notebook kertas. Terus kalau udah mulai kerja lagi tambahin itu semua ke catetan hal yang menunjang untuk mencapai goals kalian. Jadi bagi yang sering muncul ide-ide pas tidur atau bahkan tengah malem,langsung catet ya.

Kelima,doa. Tanpa doa mau sekeras apapun usaha kalian gak bakal tercapai kalau sang pemberi jalan enggak ngijinin. Inget Tuhan,doa apa aja yang mau kalian capai,cerita sama Tuhan gapapa sambil nangis atau gimana,gak masalah. Aku sering banget kayak gini. Aku berdoa,aku bilang apa aja yang mau aku capai di tahun ini,aku minta sama Tuhan tolong dikasi petunjuk apa yang udah aku lakuin ini bener atau salah. Kalau bener tolong diarahin gimana biar cepet selesai,kalau salah tolong di stop biar semuanya gak sia-sia. Percaya sama aku,habis kalian berdoa semua bakalan plong rasanya atau bahkan muncul masalah-masalah? Mungkin petunjuk dari Tuhan kalau yang kalian lakuin ada yang gak beres atau ujian biar kedepannya kalian siap nikmatin hasil kerja keras kalian. Gaada yang tau,kita usaha semaksimal mungkin,Tuhan yang tentuin.

Dan.......
Itu aja yang aku lakuin buat capai goals aku. Sekarang aku fokus capai 4 goals aku yang semoga bisa kelar tahun ini. Lagi usaja banget,dengan nerapin cara yang aku tulis diatas puji Tuhan sampai hari ini aku masih semangat,termotivasi buat capai goals aku. Ditambah liat orang-orang yang berprogress,mereka usaha buat capai apa yang mereka mau. 

Semoga tips yang aku kasih bermanfaat ya. Semangat buat kalian mencapai goals di tahun ini. God Bless Us 😇

Komentar