Teori Konspirasi Serangan 9/11 World Trade Center



Welcome to my blog!
Hari ini aku bakalan bahas teori konspirasi yang banyak menjadi perdebatan yaitu teori konspirasi Tragedi 9/11 World Trade Center.




World Trade Center (WTC) sering juga disebut Menara Kembar,dilansir dari Wikipedia adalah suatu kompleks yang terdiri dari tujuh bangunan,sebagian besar didesain oleh arsitek Jepang-Amerika,Minoru Yamasaki dan dibangun oleh Port Authority of New York and New Jersey.


Sekilas info tentang World Trade Center dilansir dari Wikipedia,kompleks yang berlokasi di jantung pusat distrik finansial New York City ini memiliki 1.24 juta m2 ruang perkantoran,hamper empat persen dari keseluruhan luas ruang perkantoran yang tersedia di Manhattan. World Trade Center 110 lantainya mengalami kebakaran pada 13 Februari 1975 dan serangan bom pada 26 Februari 1993. Ketujuh bangunan asli kompleks hacur pada Serangan 11 September 2001 : WTC 1,WTC 2 (menara utara dan selatan),dan WTC 7 runtuh,WTC 3 (Hotel Marriott) hancur karena runtuhnya WTC 1 dan WTC 2,sedangkan WTC 4,WTC 5,dan WTC 6 mengalami kerusakan yang tak dapat diperbaiki hingga akhirnya terpaksa dihancurkan.

Dari pernyataan resmi yang beredar tentan Tragedi World Trade Center yang juga dikenal dengan sebutan serangan 9/11,tragedi ini terjadi karena serangkaian empat serangan bunuh diri yang telah diatur terhadap beberapa target di New York City dan Washington DC pada 11 September 2001. Dilansir dari Wikipedia pada 11 September 2001,19 pembajakan dari kelompok militant Islam al-Qaeda membajak empat pesawat jet penumpang. Para pembajak sengaja menabrakkan dua pesawat ke Menara Kembar World Trade Center di New York City,kedua menara runtuh dalam waktu 2 jam.
Al-Qaeda langsung dicurigai sebagai dalang dari serangan ini. Osama bin Laden yang merupakan pimpinan dari kelompok ini mengklaim bertanggung jawab atas peristiwa serangan 9/11 yang awalnya ia menolak terlibat dalam serangan ini. Amerika Serikat kemudian merespon serangan ini dengan menyerang Afganistan untuk menggulingkan Taliban yang melindungi anggota-anggota al-Qaeda. Pada tahun 2011,Presiden AS saat itu yaitu Barack Obama menyatakan Osama telah ditembak mati oleh mariner AS.


Profil singkat Osama Bin Laden dilansir dari Wikipedia


Nama : Usamah bin Muhammad bin Awwad bin Ladin sering dipanggil Usamah bin Ladin (atau Osama bin Laden) alias Tim Osman
Tempat/tanggal lahir : JeddahArab Saudi10 Maret 1957
Meninggal : AbbottãbadPakistan2 Mei 2011 (pada umur 54 tahun)


Akibat serangan ini,sebanyak 2.996 orang tewas termasuk 19 orang pembajak dan korban yang mengalami luka-luka mencapai 6000 orang lebih.

Poin penting yang dikeluarkan oleh Pemerintah Amerika Serikat mengenai serangan World Trade Center adalah :
1.    Benturan awal oleh pesawat yang menyebabkan kerusakan struktur inti gedung dan memutus sistem proteksi kebakaran pada gedung
2.    Timbul kebakaran akibat tabrakan dari pesawat tersebut. Bahan bakar pesaway yang jumlahnya 10.000 galon terbakar yang menyebabkan suhu menjad 2000°C dan melunakkan struktur baja pada gedung World Trade Center.

Dibalik pernyataan yang beredar mengenai pelaku dari penyerangan ini yaitu al-Qaeda,muncul teori konspirasi yang mengatakan dalang dari serangan ini adalah orang dalam pemerintahan Amerika Serikat itu sendiri. Teori ini muncul karena adanya kejanggalan-kejanggalan yang terjadi dari tragedi ini. Teori konspirasi yang bermunculan bahwa sebelum gedung ditbrak oleh pesawat,di dalam gedung sudah dipasang bom.

Banyak kalangan berpendapat bahwa mustahil gedung dengan kontruksi baja hancur dengan cepat karena api. Beberapa tokoh yang berpendapat mengenai kejanggalan dalam tragedi ini antara lain:
  1. Michael Meacher (mantan menteri lingkungan Inggris,1997-2003) “… perang melawan terorisme  dijadikan tabir kebohongan guna mencapai tujuan-tujuan strategis geopolitics AS”.
  2. Prof Dr Morgan Reymonds (guru besar pada Texas University,USA) “belum ada bangunan baja ambruk hanya oleh kobaran api”.
  3. Prof Dr Steven E Jones (guru besar Fisika di Birgham Young University,USA) “… bahan-bahan peledak telah diletakkan di bangunan WTC”. Ia mengatakan kehancuran seperti yang terjadi di World Trade Center hanya mungkin terjadi karena adanya bom pada bangunan tersebut.
  4.  Profesor Filsafat dan Teologi Agama,Davis Ray Grifin                                   Ia menuduh pemerintah AS yang terlibat dalam serangan di World Trade Center dalam bukunya yang berjudul ‘The New Pearl Harbour’ (2004). Buku tersebut menguak kejanggalan beserta fakta-fakta yang disembunyikan berkaitan dengan tragedi World Trade Center.
  5. Richard Gage (arsitek)                                  Richard Gage adalah seorang arsitek yang juga menjadi anggota Intitusi Arsitek Amerika. Ia banyak berkecimpung dalam, proyek perancangan bangunan antiapi dan sudah berpengaaman di bidang kontruksi selama puluhan tahun.  Gage mendirikan organisasi Architect and Engineer for 911 Truth yang beranggotakan ratusan teknisi dan arsitek berpengalaman. Dilansir dari Republika.co.id,anggota organisasi ini menyatakan kecurigaannya pada perubahan terkontrol dengan bahan peledak yang menjadi penyebab runtuhnya menara satu dan menara dua,terutama runtuhnya menara tujuh,setelah berbagai penyelidikan terhadap rekaman video dan analisis lapangan yang menurut mereka sangat tidak wajar dan tak dapat diterima secara ilmu pengetahuan apabila menara tujuh yang terletak jauh dari menara Utara dan Selatan rata dengan tanah. Mereka mengeluarkan pernyataan menyangkal pernyataan dari Komisi 9/11 yang menyatakan bahwa gedung WTC hancur akibat ledakan yang disebabkan oleh tabrakan dan penyebaran avtur dari penerbangan 11 dan 175.6. 
  6.  Russ Wittenberg (pilot)                                Wittenberg yang merupakan mantan pilot USAF dengan jam terbang 30.000+. ia pernah menerbangkan pesawat penerbangan 175 yang menabrak Menara Selatan dan penerbangan 93 yang gagal mencapai pentagon. Russ Wittenberg menyatakan beberapa kejanggalan diantaranya :
-   Mengapa rekaman pengatur penerbangan saat kejadian 9/11 dirusak oleh komisioner FAA
-   Mengapa kotak hitam tidak ditemukan dari satu pun pesawat
-   Mempertanyakan tingkat kemahiran pembajak pesawat yang menurutnya  untuk sekelas pilot berlisensi pesawat perintis,sangat mencurigakan dapat mengendalikan pesawat sekelas 747 dengan kecepatan tinggi dan menabrakkannya dalam posisi target yang tidak lebar.
Dilansir dari Republika.co.id,Wittenberg bergabung dalam organsasi Pilot for 911 Truth yang memiliki anggota ratusan pilot dan orang-orang professional dalam bidang penerbangan. Mereka menyangkal laporan resmi 9/11.

7.  Jese Ventura (mantan Navy Seal & ahli dalam bidang penghancuran gedung (demolition))
    Jese ingin menanyakan perihal tragedi          911 namun pemerintah AS selalu                    menolak untuk bertemu dengan Jesse.          “masih banyak pertanyaan dari jawaban      yang didapat. Misalnya                                      mengapa   gedung yang menjulang itu          roboh secara terjun bebas tanpa adanya        daya dorong beton dan baja tebal                    dibawahnya?”. Jesse tidak percaya jika          gedung bisa menjadi debu hanya                    dengan terjun bebas.


Kejanggalan-kejanggalan tragedi World Trade Center :

Tidak ditemukan bangkai pesawat
Tidak ditemukan bangkai pesawat padahal pesawat yang menabrak gedung World Trade Center berukuran besar tetapi yan berhasil ditemukan hanya bangkai pesawat kecil seperti pesawat drone milik militer. Pemerintah AS beralasan suhu yang tinggi melelehkan seluruh bagian pesawat terbang. Pesawat terbang 77 mempunyai dua buah mesin Rolls Royce yang terbuat dari campuran baja dan titanium yang masing-masing beratnya mencapai 6 ton. Mustahil jika 12 ton campuran baja dan titanium melelej karena bahan bakar yang terbakar.

Ditemukannya Paspor salah satu teroris
Paspor teroris pembajak pesawat ditemukan di puing-puing reruntuhan. Pemerintah AS mengatakan paspor itu terlontar dari bola api melalui sisi pesawat dan jatuh ke tanah tanpa cacat sedikitpun. Namun,kemudian pemilik paspor tersebut yaitu Abdulaziz al-Onari diketahui masih hidup dan ia angkat bicara. “Saya tidak bisa percaya setelah mengetahui FBI mencantumkan nama saya dalam daftar mereka. Mereka memasang nama serta tanggal lahir saya tetapi saya bukanlah seorang bomber bunuh diri. Saya ada disini. Saya masih hidup. Saya tidak tahu sedikitpun cara menerbangkan sebuah pesawat terbang.” Dan hingga saat ini,FBI tidak merevisi nama pembajak yang telah mereka keluarkan.

Sumber dana pembajakan
Michael Meacher mengatakan “Pemerintah Amerika tidak berusaha untuk melacak sumber dana yang membiayai serangan 11 September. Dan pernyataan yang paling menakjubkan adalah “bukanlah sesuatu yang terlalu penting’. Itu justru yang terpenting! Bukankah penting untuk mengetahui siapa yang membiayai serangan 11 September?” Dalam kasus ini,pemerintah AS tidak mampu memstikan sumber dana yang digunakan dalam serangan 11 September dan menganggap bahwa sumber dana untuk melakukan serangan itu tidak terlalu penting untuk diketahui.

Pertemuan Bush dan Cheney dengan komisi penyelidik 9/11

Bush dan Cheney secara bersamaan bertemu dengan komisi penyelidik 9/11 dan mereka hanya bersedia bertemu dengan syarat-syarat antara lain mereka tidak disumpah,mereka muncul secara bersama-sama,tidak satupun wartawan media massa atau anggota keluarga korban diperbolehkan untuk hadir,tidak boleh ada alat perekam dalam bentuk apapun,tidak boleh ada catatan. Hal ini tentu dirasa janggal karena seharusnya Bush dan Cheney bisa maju sendiri-sendiri mengemukakan pendapat mereka masing-masing. Dan ketika sesi tanya jawab pada jumpa pers di gedung putih,seorang wartawan bertanya “Tuan Presiden,mengapa anda dan Wakil Presiden bersikeras untuk tampil secara bersama-sama dihadapan komisi penyelidik 9/11?” Dan jawaban dari Bush adalah “karena komisi penyelidik 9/11 ingin mengajukan pertanyaan,itu sebabnya kami bertemu dan saya menanti dan menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka.” Kemudian wartawan itu bertanya lagi “pertanyaannya tadi adalah mengapa anda memillih muncul secara bersama-sama dan tidak secara terpisah,seperti permintaan mereka?” (mereka yang dimaksud adalah komisi penyelidik 9/11). Dan Bush menjawab “karena ini merupakan sebuah peluang yang baik bagi kemai berdua untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang hendak diajukan oleh komisi penyelidik 9/11 kepada kami. Dan saya menunggu kesempatan untuk menjawab pertanyaan mereka. Kejanggalan lain adalah pihak keluarga korban tidak diperbolehkan hadir. Seharusnya pihak keluarga korban berhak mendapatkan catatan hasil pertemuan atau hadir sebagai saksi.

Pembajak Pesawat

Tidak mungkin orang yang bukan pilot professional bisa menerbangkan pesawat seberat 60 ton,lebar 125 kaki dan tinggi 44 kaki yang sebelum menghantan Pentagon dilaporkan melakukan putaran spiral 270°  ke bawah. Sedangkan Hani Hanjour (pembajak pesawat)  menurut kesaksian dari karyawan sekolah penerbangan diktakan tidak bisa menerbangkan pesawat kecil dengan aman.
Diketahui 4 atau 5 orang pembajak pesawat ada pada setiap pesawat yang dibajak namun tidak satupun nama pembajak tercantum dalam daftar nama penumpang pesawat dan setelah daftar nama penumpang pesawat dipublikasikan,tidak satupun ditemukan nama penumpang yang memiliki nama arab.

NORAD (Komando Udara Amerika Serikat)

Pada tanggal 11 September dimana penyerangan WTC terjadi,NORAD yang pada tahun 2000 mendapat 67 kasus penangkapan udara yang mencapai tingkat keberhasilan 100%,pada tanggal 9 September mengalami 4 kali kegagalan dalam sehari. Saat FAA mendapat tanda yang mengindikasikan terjadinya pembajakan,mereka harus menghubungi pihak atasan mereka. Atasan mereka kemudian meminta bantuan pada NORAD untuk mengirim jet pemburu untuk mencari tahu apa yang sedng  terjadi. Biasanya,penangkapan berhasil dalam kisaran waktu 10 menit,namun dalam penyerangan WTC 80 menit telah berlalu sampai akhirnya peswat tempur dikirim. Saat mendapat signal adanya pembajaan,anehnya tidak satupun pesawat tempur Amerika Serikat diberangkatkan dengan alasan karena saat itu sedang berlangsung sejumlah latihan perang yang menggunakan kedipan-kedipan palsu pada layar radar di sector pertahanan udara timur laut. Dan ada juga latihan “Vigilant Warrior” yang menurut seorang sumber dari NORAD adalah latihan terbang dengan scenario pembajakan yang berlangsung pada hari yang sama. Mereka berhadapan dengan 22 kemungkinan kasus pembajakn pada 11 September dan mereka tidak bisa membedakan mana yang merupakan pembajakan sungguhan dan simulasi latihan. Setidaknya salah satu dari sekian banyak scenario latihan perang pada hari itu adalah scenario tentang pesawat yang ditabrakan ke sebuah gedung.

Berita dari BBC News

Siaran dari BBC News dimana pembawa beritanya mengatakan gedung Solomon Brtothers Building/Building 7 World Trade Center telah roboh padahal saat berita itu disiarkan gedung 7 WTC belum roboh. Sesaat setelah ia membawakan berita itu,signal yang mengubungkan pembawa berita dan reporter yang berada di lokasi kejadian tiba-tiba terputus.

Proses runtuhnya gedung

Gedung roboh hanya dalam waktu 10 detik dan potongan runtuhan gedung yang rapi. Runtuhnya gedung dengan cara terjun bebas. Menurut para ahli,mustahil gedung runtuh secara terjun bebas akibat kebakaran,yang paling memungkinkan adalah karena adanya bahan peledak.
runtuhan gedung
Sisa runtuhan gedung mirip dengan gedung yang runtuh akibat controlled demolition



Pengakuan Al-Qaeda
Al-Qaeda selama 4 tahun tidak mengakui menjadi dalang dibalik serangan World Trade Center padahal biasanya teroris akan mengklaim telah melakukan serangan terror walaupun ia tidak ada dibalik serangan tersebut agar banyak orang merasa takut pada kelompok teroris tersebut karena telah berhasil melakukan terror.

Kejanggalan lain :
1.Baja yang meleleh dengan suhu 500°F yang tetap terasa panas beberapa minggu setelah ledakan. Jika benar pesawat yang meledak maka tidak mungkin mempunyai suhu sepanas ini.
2.Tidakditemukannya kotak hitam dari satupun pesawat


Donald Rumsfeld (Sekretaris Pertahanan Amerika Serikat)
    Donald Rumsfeld (Sekretaris Pertahanan Amerika Serikat) 
 Donald Rumsfeld (Sekretaris Pertahanan Amerika Serikat)  10 September 2001 yang merupakan 1 hari sebelum kejaian WTC terjadi mengumumkan bahwa Departemen Amerika Serikat telah kehilangan uang sebesar $2.3 triliun dan karena adanya serangan WTC berita hilangnya uang ini tertutup

Runtuhnya gedung 7 yang tidak tertabrak pesawat



5.Pentagonyang dipercaya merupakan gedung yang sangat aman,memiliki ribuan kamera pengawas hanya menghasilkan sedikit rekaman kejadian robohnya gedung 7
6. Banyak saksi mengatakan ada ledakan di lantai dasar gedung World Trade Center yang dicurigai sebagai bom yang sudah dipasang sebelum gedung roboh
7. Setidaknya ada 6 pembajak yang masih hidup dari 19 hijackers di negara asal mereka masing-masing dan mereka sama sekali tidak terhubung dengan al-Qaeda

Dengan banyaknya kejanggalan yang terjadi,semakin banyak pula teori konspirasi yang muncul berkaitan dengan serangan World Trade Center 

 Larry Silverstein

Larry Silverstein,pemilik gedung World Trade Center sebelum kejadian yang menghancurkan gedung WTC terjadi telah mengambil sewa sebesar $2 miliar dan jika sesuatu terjadi pada gedung World Trade Center ia akan mendapat uang sebesar $7 miliar. Hal ini menimbulkan dugaan bahwa Larry Silverstein sebelumnya ia sudah mengetahui bahwa World Trade Center akan diserang.

George W Bush sudah mengetahui rencana penyerangan WTC
George W Bush

Banyak teori konspirasi yang mengatakan bahwa George W Bush yang merupakan presiden Amerika Serikat saat itu sudah mengetahui rencana penyerangan gedung World Trade Center. Yang menyebabkan teori ini muncul karena sikap George W Bush yang telihat sangat santai saat mengetahui negaranya diserang teroris. Ia yang saat itu tengah berada di sekolah anak-anak diberitahu oleh ajudannya mengenai berita diserangnya gedung World Trade Center namun setelah mendengar berita itu ia hanya diam dan melanjutkan agendanya. 

Ditambah tidak adanya protocol penyelamat presiden yang melindungi Bush saat berita penyerangan gedung WTC padahal Bush berada di sekolah anak-anak dan semua orang mengetahui bahwa Bush ada disana.

Pada saat Bush berada di sekolah tersebut bersama anak-anak,disana anak-anak sedang dalam proses pembelajaran,tapi ada sesuatu yang cukup menarik perhatian dimana kata-kata yang diucapkan oleh guru lalu diikuti oleh anak-anak seperti ada kaitannya dengan penyerangan World Trade Center. Kata-kata tersebut adalah :
“HIT” (tabrak)
“STEEL” (besi)
PLAYING terdengar seperti Plane (pesawat)
“MUST” (harus)
“KITE”
Entah kebetulan atau memang disengaja,beberapa saat setelah kata-kata itu disebutkan ajudan Presiden memberitahu Bush bahwa WTC telah diserang.

Gedung WTC tidak ditabrak oleh pesawat komersial

Teori ini sudah sangat sering terdengar dimana dikatakan bahwa gedung World Trade Center bukan ditabrak oleh Boeing 757 melainkan oleh rudal,pesawat kecil atau pesawat tak berawak. Teori ini diperkuat dengan tidak ditemukannya bangkai pesawat yang ukurannya sangat besar,namun hanya ada bangkai pesawat kecil seperti pesawat drone milik militer. Pemerintah AS beralasan suhu yang tinggi melelehkan seluruh bagian pesawat terbang. Pesawat terbang 77 mempunyai dua buah mesin Rolls Royce yang terbuat dari campuran baja dan titanium yang masing-masing beratnya mencapai 6 ton. Mustahil jika 12 ton campuran baja dan titanium melelej karena bahan bakar yang terbakar.

Controlled Demolition



Menurut kesaksian dari beberapa orang, dikatakan bahwa sebelum pesawat menabrak gedung terdenga suara ledakan yang berasal dari basemen. Sesaat setelah ledakan tersebut,pesawat menabrak gedung WTC.   untuk menghancurkan gedung dengan cara meledakkan slah satu tiang penyangga inti gedung sehingga gedung runtuh dengan sendirinya sehingga tidak menimbulkan kerusakan pada bangunan-bangunan didekatnya. Setelah dilakukan penelitian,ditemukan bahan termit yang sangat panas. Termit ini bisa memotong struktur baja. Hasil dari termit ini adalah lelehan baja dan aluminium oksida yang berbentuk debu.


Setelah gedung tertabrak pesawat beberapa saat kemudian gedung roboh dengan cara terjun bebas,persis seperti runtuhnya gedung yang dihancurkan dengan cara controlled demolition.



Controlled demolition adalah proses penghancuran gedung secara terkendali/terkontrol yang biasanya dilakukan pada gedung-gedung tua atau gedung yang mengalami kerusakan sehingga harus dirobohkan.

Gedung WTC 7 yang tidak tertabrak pesawat ikut roboh setelah 2 gedung sebelumnya roboh. Hal ini menimbulkan teori bahwa gedung 7 sengaja dihancurkan dengan cara controlled demolition. Banyak orang menganggap hancurnya gedung 7 merupakan suatu kejanggalan. Dari pernyataan yang dikeluarkan oleh pemerintah Amerika Serikat,gedung 7 hancur karena kebakaran. Namun belum ada bangunan berstruktur baja yang runtuh hanya karena kebakaran sebelum peristiwa 9/11. Gedung 7 diketahui mengalami kebakaran hanya pada 2 atau 3 bagian lantainya.
Peristiwa runtuhnya gedung WTC 1,2 dan 7 hampir sama,seperti menggunakan metode controlled demolition atau peledakan berencana. Controlled demolition ini digunakan

Lelehan baja


Aluminium oksida dalam bentuk debu

Lelehan baja

Menurut Dr. Steven Jones melalui analisis dengan menggunakan mikroskop electron terhadap lelehan baja serta kandungan logam dalam debu dari gedung WTC,Dr. Jones tidak hanya memastikan adanya bahan peledak termit,melainkan juga berdasarkan tingginya kandungan belerang thermite,sebuah merk paten dari termit yang digunakan oleh industry bahan peledak. Lelehan baja juga ditemukan dibawah bangunan World Trade Center 7.

Korban Serangan World Trade Center


Dilansir dari wikipedia,akibat penyerangan gedung world trade center  sebanyak 2.996 orang tewas termasuk 19 orang pembajak dan korban yang mengalami luka-luka mencapai 6000 orang lebih.

Banyak orang-orang mencoba menyelamatkan diri sesaat setelah pesawat menabrak gedung dengan cara melompat dari atas gedung agar tidak mati terpanggang.











National September 11 Memorial & Museum




Dilansir dari wikipedia,untuk mengenang korban WTC dibangun The World Trade Center Memorial Foundation berganti nama menjadi National September 11 Memorial & Museum at the World Trade Center pada tahun 2007. Sebuah situs peringatan direncanakan untuk dibangun setelah runtuhnya World Trade Center untuk mengenang korban dan para tim penyelamat yang menjadi korban.



What am I missing here? Let me know in the comments and I’ll add it in! Thank you for reading

Komentar