Church of Satan Anton LaVey


Welcome to my blog! Akhirnya hari ini bisa post lagi setelah kesibukan PKKMB dan kegiatan kampus lain. Hal yang aku bahas kali ini mengenai Church of Satan LaVey. Bagi yang suka baca tentang satanisme,mungkin udah gak asing lagi mendengar nama LaVey. Lalu apa kaitan LaVey dengan gereja setan? Dilansir dari wikipedia,pria yang memiliki nama Anton Szandor LaVey adalah pendiri dan High Priest dari Gereja Setan,penulis,okultis,musisi,dan actor. Ia adalah penulis The Satanic Bible dan pendiri faham satanisme.
Ada beberapa tokoh yang berkaitan dengan gereja setan ini antara lain Anton LaVey,Karla LaVey.Diane LaVey,Blanche Barton,Peter H. Gilmore,Peggy Nadramia.

Sekilas info tentang Anton LaVey :

Nama : Anton Szandor LaVey
Nama lahir : Howard Stanton Levey
Tanggal lahir : 11 April 1930
Meninggal : 29 Oktober 1997
Profesi : actor,musisi,penulis,pemain sirkus dan karnaval,ocultis dan ahli ilmu sihir


Gereja setan LaVey ini didirikan tanggal 30 april 1966 oleh Anton Szandor LaVey di San Fransisco pada malam Walpurgis. Gereja setan ini dikenal juga dengan sebutan Black House. Sekitar tahun 1950 an Anton Szandor LaVey membentuk kelompok yang bernama The Order of the Trapezoid lalu berubah menjadi badan pengurus gereja setan.

Sangat banyak tokoh yang terlibat dalam gereja setan ini. Tokoh-tokoh yang terlibat antara lain Carin de Plessen (ia tumbuh di Istana Kerajaan Denmark),Dr.Cecil Nixol (penemu automaton,ahli sulap eksentris),Kenneth Anger (sutradara),Russel Wolden (asesor kota),Michael Harner (antropolog),Shana Alexander (penulis) dan Donald Werby. Serta beberapa kolega LaVey yaitu Anthony Boucher (penulis fiksi horror dan fiksi ilmiah),August Derleth,Robert Barbour Johnson,Reginald Bretnor,Emil Petaja,Stuart Palmer,Clark Ashton Smith,Fprrest J. Ackerman,Fritz Leiber Jr.

Salah satu peristiwa yang banyak menyedot perhatian public berkaitan dengan Anton LaVey dan gereja setan adalah pelaksanaan upacara pernikahan setan (satanic wedding) antara Judith Case dengan John Raymond (seorang wartawan radikal). Foto dari pernikahan ini diambil oleh Joe Rosenthal.
Joe Rosenthal (cr : pinterest)

Joe Rosenthal,dilansir dari Wikipedia adalah seorang juru foto Yahudi Amerika yang mendapatkan Penghargaan Pulitzer untuk fotonya yang menjadi lambang Perang Dunia II,yang mengabadikan pasukan-pasukan Amerika menegakkan bendera di Gunung Suribachi dalam pertempuran Iwo Jima.
Iwo Jima flag raising by Joe Rosenthal (cr : pinterest)
Pernikahan ini berhasil menarik perhatian media karena dilakukan secara public.

Peristiwa lain yang berhasil menarik perhatia  public adalah pelaksanaan pemakaman Edward Olson yang merupakan anggota dari Gereja Setan yang berprofesi sebagai perwa Angkatan Laut. Pemakaman ini dilakukan karena permintaan istrinya.

Disamping peristiwa pernikahan dan pemakaman yang berhasil menarik perhatian public tersebut,Anton LaVey ternyata pernah muncul dalam film Invocation of my Demon Brother yang disutradarai oleh Kenneth Anger, ia juga sebagai penasehat teknis dalam film The Devil’s Rain yang disutradarai oleh Robert Fuest,serta menjadi subjek utama film documenter  Satanis : The Devil’s Mass (1970) yang disutradarai oleh Ray Laurent
Invocation of my Demon Brother 

The Devil's Rain

Satanis : The Devil’s Mass

Pada tahun 1975 LaVey menghilangkan system ‘Grotto’ dan mengeluarkan anggota yang dianggap mnggunakan gereja setan ini sebagai prestasi di dunia luar. Grotto sendiri merupakan sejenis gua yang digunakan sebagai tempat pertemuan untuk melakukan ritual atau berinteraksi anatar penganut satanisme. Gua ini merupakan gua buatan.
Selanjutnya LaVey lebih selektif dalam menerima wawancara yang menimbulkn rumor bahwa gereja ini ditutup atau LaVey telah meninggal.

Tahun 1980 terdapat konspirasi yang mengatakan kejahatan berkaitan dengan gereja setan. Hal ini kemudian dibantah oleh anggota gereja setan yaitu Peggy Nadramia,King Diamond,Adam Parfrey dan beberapa tokoh lain. Dalam kasus ini FBI sampai turun tangan  dengn mengeluarkan laporan resmi yang membantah konspirasi tersebut. Fenomena ini dikenal dengan “The Satanic Panic”. The Satanic Panic atau dalam bahasa Indonesianya Kepanikan Setanisme merupakan kepanikan secara moral yang terjadi akibat adanya dugaan penyalah gunaan ritual pemujaan setan secara luas yang terjadi di Amerika Serikat sekitar tahun 1980-an. Fenomena ini kemudian memuncak dan Negara yang paling terpengaruh adalah Afrika Selatan dan seluruh dunia pada awal tahun 1990-an. Namun kemudian fenomena ini berkurang sikap tak percaya dari lembaga penegak hukum dan para akademisi.

Pada tahun 1980 sampa 1990-an gereja setan ini banyak memproduksi majalah,music hingga film yang berhubungan dengan satanisme.
Kemudian Anton Szandor LaVey meninggal pada tanggal 29 Oktober 1997 dan posisinya sebagai kepala Gereja Setan digantikan oleh istrinya yaitu Blanche Barton.
Tahun 2001 jabatan ketua gereja setan ini kembali berpindah. Blanche Barton menyerahkan jabatan ketua kepada Peter H. Gilmore dan Peggy Nadramia.


Seiring dengan pemindahan jabatan ketua gereja setan ini,kantor pusat gereja setan juga berpindah dari San Fransisco ke New York City.
Dan pada tahun 2004 pada bulan Oktober,Angkatan Laut Britania Raya secara resmi mengakui adanya pendaftaran anggotamya sebagai seorang Satanis.

Ternyata di gereja setan Anton LaVey ini setiap anggotanya memiliki kedudukan yang berbeda. System yang digunakan dalam menentukan kedudukan anggota di Gereja Setan mengikuti system meritokrasi.

Kedudukan anggota tersebut antara lain:
Registered member (no degree) : anggota terdftar (tanpa gelar)
Active member (first degree) : anggota aktif (tingkat pertama)
Witch/Warlock (second degree) : penyihir (tingkat kedua)
Priestess/priest (third degree) : pendeta (tingkat ketiga)
Magistra/magister (fourth degree) : magister (tingkat empat)
Magi/maga/magus (fifth degree) : majis (tingkat lima)

Hal yang membuat pembahasan mengenai gereja setan ini menarik untuk dibahas selain hal-hal kontroversial mengenai gereja setan adalah pengikut dari gereja setan itu sendiri. Ternyata banyak tokoh-tokoh terkenal yang bergabung menjadi anggota gereja setan.
Tokoh-tokoh tersebut antara lain :

King Diamond

Sammy Davis Jr
Sammy Davis Jr. (kanan)

Balls Mahoney (pegulat)

Matthew McRaith (gitaris)
Michael Moynihan (jurnalis)
Kenneth Anger
Dan masih ada tokoh-tokoh lainnya.

Buku-buku yang ditulis berkaitan dengan gereja ini  :

The Satanic Bible (th 1969)

The Satanic Rituals

The Satanic Witch

The Devil’s Notebook

Satan Speaks!

The Black Flame

The Church of Satan


The Secret Life of a Satanist

The Satanic Scriptures


If you enjoyed this blog post, share it with a friend! ♥️
Thank you for reading ☺️

Komentar